free page hit counter

Modal Rp700 Ribu Dapat Rp14 Juta

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Seorang pemuda ganteng bertubuh atletis dengan kumis tipis di bibir tampak murung saat digelandang petugas di depan markas Satreskrim Polres Tanjungpinang, Senin (5/2/2018). Mengenakan baju berwarna oren pemuda yang berinisial YR itu terus menunduk saat awak media berusaha membidik wajahnya. YR harus menanggung perbuatannya menggelapkan mobil sewaan milik korban TA, yang beralamat di Kampung Sidodadi Batu 9, Tanjungpinang.

Tersangka YR menggunakan modus berpura-pura menyewa mobil Avanza di rental mobil Surya Rental. Dia datang sekitar tanggal 30 Desember 2017 ke rental tersebut, dan menjumpai korban TA. Kepada TA disampaikannya keinginan untuk menyewa mobil Avanza selama sepekan, dan disetujui TA. Sewanya sehari Rp200 ribu.

TA kemudian menyerahkan mobil Avanza warna abu-abu BP 1908 TW ke tersangka YR, dan YR menyerahkan uang Rp700 ribu kepada TA. Korban percaya kepada tersangka, karena beberapa hari sebelumnya tersangka datang bersama temannya DS, dan menyewa mobil dengan jaminan KTP DS.

Sewa menyewa itu lancar sehingga korban percaya saja saat tersangka datang sendirian. Apalagi, KTP saksi DS masih belum diambil di rental mobil itu. Ternyata setelah mendapatkan mobil itu tersangka mengubah warnanya dari abu-abu ke warna hitam, dan mengubah nomor polisinya menjadi BP 1406 YB.

Selanjutnya tersangka YR menghubungi saksi MS, dia menyatakan keinginan meminjam uang Rp 14 juta kepada saksi MS, dan menjadikan mobil Avanza sewaan yang sudah diubah warnanya dan nomor polisinya sebagai jaminan. Korban TA kelimpungan karena mobil yang disewa tersangka YR tak kembali meski waktu sewanya sudah habis. Dia pun melapor ke polisi. Atas laporan itu polisi melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil meringkus tersangka.

Hal ini disampaikan Kasatreskrim Polres Tanjungpinang AKP Swihatmoko Wiroseno kepada awak media, Senin (5/2/2018). Atas perbuataannya tersangka YR diancam dengan pasal 372 KUHP, yang ancaman hukumannya 4 tahun penjara. (mat)

Loading...