171 Ton Rotan Gagal Diselundupkan ke Malaysia

Loading...

KARIMUN (suarasiber.com) – KLM MBB GT 172 ditangkap jajaran Satgas Patroli Kanwil DJBC Khusus kepri yang bekerja sama dengan Crew Team Kapal Patroli BC 30004 Pangkalan Sarana Operasi BC TBK, Minggu (21/01/2018).

Mereka yang selalu siaga menggagalkan penyelundupan melalui laut. F-adi

Disampaikan oleh Humas Kanwil DJBC Kepri, Refly F Silalahi Kamis (25/1/2018), kapal tersebut diketahui berasal dari Kalimantan. Pada saat diamankan haluan kapal mengarah ke perairan Malaysia.

Penangkapan bermula saat Satgas Patroli Kanwil yang sedang berpatroli di Selat Karimata, melihat ada kapal yeng dicurigai. Petugas pun mendekati kapal yang bernama KLM MBB GT 172 berbendera Indonesia itu. Setelah melihat dari dekat, muncul dugaan kuat kapan itu membawa barang yang akan diselundupkan.

Baca juga: Abui meninggal dengan kepala bersimbah darah.

Setelah diamankan, dan barang diperiksa ternyata muatan di KLM MBB GT 172 adalah rotan. Pengakuan nakhoda kapal, barang yang dibawanya adalah 171 ton rotan yang berjumlah 1.200 bundel.

Ada dugaan kuat rotan akan diselundupkan ke Malaysia. Pengangkutan ini tidak disertai dokumen pelindung yang dipersyaratkan sesuai peraturan hukum yang berlaku.

“Saat ini kapal bersama 9 awaknya sudah ditarik ke Pangkalan Sarana Operasi Tanjung Balai Karimun untuk proses lebih lanjut,” ucap Refly. (adi)

Loading...