DKM Diharapkan Mampu Kelola Keuangan Masjid

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang mengadakan Pelatihan Manajemen Masjid yang dilaksanakan di Masjid As – Sakinah Tanjungpinang, Selasa (10/9/2019) pagi.

Wal Kkota Tanjungpinang juga selaku Ketua DMI Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini berhubungan dengan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas manajemen masjid.

Ia juga mengharapkan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) bisa meningkatkan pengelolaan masjid dalam hal keuangan, organisasi, program dan pengelolaan usaha mandiri masjid secara optimal, dan salah satu upaya dalam memakmurkan masjid.

“Saya mengimbau dan mengajak kepada seluruh DKM untuk bersama-sama bergandeng tangan dengan masyarakat setempat dalam upaya agar masyarakat ikut meramaikan masjid, harapan dengan makmurnya masjid akan Memakmurkan masyarakat,” ungkap Syahrul, seperti dilansir dari tanjungpinangkota.go.id.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, H. Mukmin Hamid, menyampaikan kegiatan bertema “Menuju masjid sebagai pusat pemberdayaan ummat yang profesional dan mandiri” ini berlangsung pada tanggal 10 September dengan jumlah peserta pelatihan yang mengikuti sebanyak 334 peserta berasal dari utusan masjid se-kota Tanjungpinang.

Mukmin juga mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, untuk menumbuhkembangkan keanggotaan masjid dalam memberdayakan potensi SDM dalam pembangunan.

Selain itu peningkatan kapasitas, dan mempererat silaturahim antar DKM masjid dan meningkatkan pengelolaan masjid agar dapat memakmurkan masjid dan lebih jauh lagi mendatangkan keberkahan bagi segenap DKM yang mengikuti pelatihan pada kesempatan ini.

Dalam rangkaian acara juga dilakukan penyerahan secara simbolis tabung racun api untuk 100 masjid dari Pemko Tanjungpinang bekerjasama dengan DMI Kota Tanjungpinang yang diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang dan didampingi Ketua Umum Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Kepulauan Riau.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yakni Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Ustaz Muhammad Jazir, ASP yang merupakan pakar manajemen masjid.

Pembukaan pelatihan ini turut di hadiri Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Huzrin Hood S.H., M.H., M.Pd.I, Kapolsek Tanjungpinang Timur, Indra jaya, Staf Ahli, Asisten, unsur FKPD, OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, DKM se-Kota Tanjungpinang dan para undangan. (mat)

Loading...