Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi Bisa Didenda

Loading...

Suarasiber.com – Air zamzam masih menjadi pesone tersendiri bagi jemaah haji, termasuk yang berasal dari Jakarta. Namun membawa air ini di koper lalu dimasukkan ke bagasi pesawat bisa dikenai denda.

Larangan jemaah membawa air zamzam ke koper bagasi menyesuaikan aturan penerbangan maskapai Garuda.

Kepala Daker Bandara Abdillah mengimbau agar jemaah mematuhi aturan terkait barang bawaan dalam penerbangan.

Melansir kemenag.go.id, Jumat (21/6/2024), Abdillah menjelaskan bahwa koper bagasi seberat 32 kilogram akan diangkut terlebih dahulu oleh maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

“Jadi tidak dibenarkan jemaah membawa barang bawaan lebih dari dua tas tersebut,” paparnya.

Larangan tidak boleh membawa air zamzam itu dijelaskan lebih lanjut dalam bentuk apapun. Karena maskapai dan pihak bandara akan melakukan pengecekan.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid juga mengtakan hal serupa. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melarang jemaah haji membawa air Zamzam ke dalam koper. Jika terbukti membawa, selain dibongkar, jemaah haji juga akan didenda 6 ribu riyal atau setara Rp25 juta.

Mengacu pada GACA Authority KSA, air Zamzam ukuran apa pun dan kemasan apa pun dilarang dimasukkan ke dalam tas bawaan penumpang, tas jinjing atau koper bagasi. Sedangkan jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan dimulai 21 Juni. Kepulangan jemaah haji Indonesia akan dilakukan di dua bandara, Madinah dan Jeddah. (***/syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...