Naik 51 Persen, Peserta Terpilih IISMA 2024 Capai 2.000 Lebih Mahasiswa

Loading...

Suarasiber.com – Setelah melalui serangkaian proses seleksi, program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) akhirnya mengumumkan nama-nama penerima beasiswa IISMA 2024 untuk jalur reguler dan afirmasi. Total ada 2.277 mahasiswa Indonesia yang berhasil lolos program pertukaran mahasiswa ke luar negeri ini.

“Tim IISMA mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang berhasil terpilih untuk mengikuti program IISMA, baik dalam skema reguler maupun afirmasi,” ucap Kepala Program IISMA, Rachmat A. Sriwijaya.

Pada IISMA 2024, kuota yang disediakan untuk calon penerima beasiswa atau akrab disebut awardee adalah sebanyak 3.000 mahasiswa. Angka ini naik 51% dari kuota tahun lalu. Dari target tersebut, sebanyak 2.030 kursi diisi oleh mahasiswa jalur reguler dan 247 kursi diisi oleh mahasiswa jalur afirmasi. Para awardee ini akan dikirim ke ratusan perguruan tinggi yang tersebar di 30 negara.

Pada tahun 2024 ini, IISMA melakukan seleksi calon awardee melalui tiga skema yaitu reguler, afirmasi, dan co-funding. Skema reguler merupakan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Skema afirmasi juga merupakan beasiswa penuh Kemendikbudristek, namun dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024, atau mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Dengan penambahan kuota dan variasi skema pendaftaran, IISMA semakin memberikan peluang yang lebih luas kepada seluruh mahasiswa di berbagai penjuru Indonesia untuk merasakan belajar di luar kampus selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di dunia.

“Pada program IISMA 2024, telah dilakukan upaya pembenahan dan penyesuaian berdasarkan masukan dari berbagai sumber yang diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang lebih baik,” ujar Rachmat.

Lebih lanjut Rachmat menyampaikan bahwa tim IISMA mengharapkan bahwa semua peserta yang telah berhasil lolos untuk senantiasa aktif memeriksa informasi terbaru, baik melalui email maupun portal masing-masing, guna memastikan keterlibatan peserta dalam setiap tahapan selanjutnya dari program IISMA.

Program IISMA 2024 akan membuka pendaftaran untuk jalur co-funding. Kuota IISMA Co-funding 2024 pun naik tiga kali lipat dibandingkan kuota tahun lalu yang dipatok di angka 250 awardee.

Pengumuman awardee IISMA 2024 ramai diperbincangkan di media sosial, bahkan sempat menjadi trending topic di media sosial X. Ungkapan bahagia banyak ditunjukkan oleh para awardee ini. “Selamat datang generasi Indonesia Emas 2045,” sambut Rachmat, melansir kemdikbud.go.id. (***)

Loading...