Beri Akses Jelajah Dunia, 18 Siswa MAN 2 Kota Malang Ikuti Istanbul Youth Summit 2024

Loading...

Suarasiber.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang mengirim 18 siswanya mengikuti Istanbul Youth Summit (IYS) 2024. Giat ini akan diikuti peserta didik dan mahasiswa dari 35 negara.

Keikutsertaan siswa MAN 2 Kota Malang menjadi begian dari program unggulan MADU MANJA (MAN Dua Menjelajah Dunia). Program ini didesain untuk memfasilitasi peserta didik agar mendapat wawasan global dan beragam akses studi lanjut ke luar negeri, baik melalui pertukaran pelajar atau lainnya.

“Pada Program Internasional ini, MAN 2 Kota Malang mengirim 18 peserta didik dan 1 pendamping,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang Samsudin dalam pelepasan para delegasi madrasah di Auditorium Gedung sains terpadu lantai IV, Jumat (23/2/2024).

Hadir, Kaur TU, Wakamad, Wali Kelas, Ketua P2MM, Ketua Ma’had, Ketua LDC, serta seluruh peserta IYS 2024.

Kegiatan pelepasan tersebut juga dihadiri langsung oleh Direktur dan CEO PT. Bingkai Karya Nusantara atau Bingkai karya, Rizal Rosyadi, selaku organizing bersama Youth Break The Boundaries (YBB) Foundation, Istanbul, Turki selaku penyelenggara event tahunan yang sudah diselenggarakan ke 7 kalinya tahun ini.

Samsudin berharap program ini dapat memberi tambahan ilmu dan wawasan dunia kepada para siswa, termasuk yang terkait sejarah budaya Islam. “Jadikan program Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul Turki ini bagian mencari ilmu dan mengetahui sejarah kebudayaan dan peradaban Islam. Sehingga anak-anak dapat mengetahui budaya Islam dulu dan sekarang yang modern tetap dijaga dengan baik oleh negara Turki,” pesannya.

“Jaga diri dan kedisiplinan di negara Eropa yang perbatasan dengan Asia tersebut. Tetap ingat ibadah dan jangan lupa istirahat tetap dijaga,” sambungnya.

Foto – istimewa via bingkai karya

Delegasi MAN 2 Kota Malang akan terbang ke Turki pada 27 Februari 2024. Masa rihlah ilmiah ini akan berlangsung selama 12 hari. Mereka akan kembali ke Indonesia pada 9 Maret 2024.

“IYS ini dapat mengasah kemampuan peserta didik kita untuk bisa berbicara di depan umum dan membentuk karakter kepemimpinan masa depan yang ideal. Di sana, mereka akan berdiskusi dengan para pelajar dari berbagai negara, membahas berbagai isu global yang terkait dengan penerapan 4 bidang SDGs yakni Health, Education, Economy, and Environment ,” jelas Ahmad Thohir Yoga selaku ketua LDC dan Pendamping delegasi MAN 2 Kota Malang selama IYS.

Menurut Mr. Yoga, IYS mempunya tujuan positif bagi pengembangan minat bakat sekaligus dapat mengasah semangat para pemimpin muda yang berbakat dari berbagai bidang. “IYS ini diharapkan dapat membangun karakter kepemimpinan peserta didik kita di kancah internasional, sekaligus melatih jiwa kepemimpinanya agar aktif berkontribusi membangun negeri di masa yang akan datang dan siap menjadi bagian dari masyarakat dunia” pungkasnya.

Berikut daftar 18 Peserta Didik MAN 2 Kota Malang peserta Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul Turki:

  1. M. Navis Abdul Rozzaq (X MANPK)
  2. Muhammad Ahza (X MIPA 6)
  3. Raissa Noorshicha Ridho Putri (X MIPA 5)
  4. Dhiya’ Hauroul Hasanah (X MIPA 5)
  5. Luna Nueva Putri Nugroho (X MIPA 6)
  6. Ruddat Ilaina Rahmah (Xi MIPA 3)
  7. Muhammad Lafran Zahiruddin Asfiansyah (X MIPA 5)
  8. Idris Faza Bihi Makhrus Sholeh (X IPS 3)
  9. Muhammad Sultan Xavier Aldiansyah (X MIPA 4)
  10. Ilham Ardiansyah Tri Prasetyo (X MIPA 2)
  11. Mohammad Haidar Firdaus (X MIPA 5)
  12. Laksamana Delmora Dzun Nun Zadan Al Kindy (X MIPA 5)
  13. Irfaan Sholahuddin Akmal (X MIPA 2)
  14. Tristan Fiqri Arya Darmawan (X MIPA 2)
  15. Alvie Hymaturrohmahe (X MANPK)
  16. Anis Titi Rahayu (X MIPA 5)
  17. Rosa Arinal Haq (X MIPA 4)
  18. Nayla Almeria Kuswoyo (X Bahasa). (***)
Loading...