Seluruh Kabupaten dan Kota di Kepri Terima Penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad menyerahkan penghargaan kepada kabupaten dan kota di Kepri sebagai daerah Peduli HAM di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) Kepri, Tanjungpinang, Jum’at (26/01)..

Seluruh kabupaten dan kota mendapatkan penghargaan ini, yakni Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia di wilayahnya,” ucap Gubernur Ansar, melansir keterangan resmi dari Diskominfo.

Pada kesempatan ini, Ansar Ahmad, menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74. Ia membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly.

Isinya mengapresiasi pencapaian Direktorat Jenderal Imigrasi dalam inovasi dan digitalisasi layanan yang telah berkontribusi pada perekonomian nasional.

Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Imigrasi, seperti e-Passport, e-Visa, e-Channel, dan e-Compliance, telah memberikan kemudahan dan kecepatan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen perjalanan dan izin tinggal, sekaligus meningkatkan penerimaan negara dari sektor keimigrasian.

“Kita patut berbangga dengan kinerja Direktorat Jenderal Imigrasi yang telah berhasil melakukan transformasi layanan imigrasi melalui teknologi dan pembangunan SDM yang adaptif,” tulis Yasonna seperti dibacakan Ansar.

Gubernur Ansar juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik dan integrasi layanan keimigrasian untuk memperkuat ketahanan ekonomi, khususnya di wilayah perbatasan dan kawasan strategis.

Imigrasi juga harus berperan aktif dalam mendukung pengembangan pariwisata, investasi, dan perdagangan di Provinsi Kepri, yang merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia ke dunia.

“Imigrasi harus terus berinovasi dan berkolaborasi dengan instansi terkait untuk memberikan pelayanan yang prima, efisien, dan transparan bagi masyarakat,” tutur Gubernur Ansar.

Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di Kantor Wilayah Kumham Kepri diikuti oleh pejabat dan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi, serta dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kepri diantaranya Kepala Kanwil Kumham Kepri I Nyoman Gede Surya Mataram, Danrem/033 WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel PNB Andi Nur Abadi, Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Mahbub Daryanto, Walikota Tanjungpinang Hasan, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim. (jlu/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...