Roby Berkelana Hadiri Musrenbang di Seluruh Kecamatan se-Bintan Guna Jemput Aspirasi

Loading...

Suarasiber.com – Musrenbang menjadi kegiatan pemerintahan yang penting bagi Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Ia bahkan menghadiri Musrenbang di seluruh kecamatan di Pemkab Bintan.

Kehadirannya di semua agenda Musrenbang kecamatan semata-mata untuk menjemput aspirasi dari lapisan paling bawah untuk dijadikan skala prioritas pembangunan.

Roby tak jarang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintahan kelurahan/desa dan seluruh masyarakat atas suksesnya pelaksanaan Musrenbang.

“Melalui Musrenbang masyarakat dan pemerintah desa telah berhasil mengidentifikasi dan bersepakat atas permasalahan mana yang harus ditindaklanjuti terlebih dahulu,” ujarnya.

Pada Musrenbang tahun ini, yang diawali Senin (29/1/2024), Roby dan kabinetnya hadir di Kecamatan Mantang dan Bintan Pesisir.

Lima usulan terpilih dari setiap desa di Kecamatan Mantang dianggap sebagai masalah yang paling penting dan harus segera diselesaikan.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Bintan berjanji untuk membuat Musrenbang kecamatan tidak menjadi sia-sia. Meski dengan keterbatasan anggaran, beberapa usulan dari Musrenbang telah berhasil diperjuangkan.

Untuk tahun 2024, ada tiga usulan yang akan dilaksanakan, yaitu rehab jalan penghubung antara Desa Mantang Lama dan Desa Mantang Besar, pengadaan alat penangkap ikan jaring udang dan pengadaan alat penangkap ikan bubu rajungan oval, termasuk lanjutan pembangunan Masjid Besar Mantang.

“Jika ditambah dengan kegiatan strategis lainnya, tahun 2024 ini kegiatan di Mantang hampir mencapai Rp2,3 miliar,” tegas Roby.

Dijelaskan kemudian bahwa sejatinya seluruh usulan yang dibahas untuk menentukan skala prioritas akan diperjuangkan sepenuhnya. Baik melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN di berbagai Kementerian.

“Yang terpenting kolaborasi kita semua. Sama-sama kita perjuangan semua usulan. Kami juga mohon doa dari para orang-orang tua kami agar niat baik ini bisa dipermudah untuk kemudian dapat terealisasikan,” imbuhnya.

Bupati Bintan menyebutkan tiga prioritas pembangunan yang menjadi pekerjaan rumah. Yakni optimalisasi akuntabilitas tata kelola pemerintah, peningkatan pelayanan publik dan perluasan ekosistem inovasi daerah.

Loading...