Polisi Bintan Cek Motor yang Dipakai Pelajar SMP, Segini yang Melanggar!

Loading...

Suarasiber.com – Upacara bendera di halaman SMPN 16 Bintan, Seri Kuala Lobam, Senin (29/1/2024) agak berbeda karena ada polisi hadir.

Rupanya para petugas tersebut memberikan imbauan tentang sepeda motor yang sudah dioprek, misalnya knalpotnya tak standar lagi alias bronk.

Nyatanya, sejumlah pelajar di sekolah ini kedapatan membawa sepeda motor tak standar saat usianya belum memenuhi syarat untuk berkendara sendiri.

Inspektur Upacara adalah Kanit Kamseltibcar Lantas Polres Bintan, Iptu Zulfikar.

Ia menegaskan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara di jalan umum. Pengendara dan penumpang yang berboncengan, agar menggunakan helm yang standar.

“Helm jangan hanya dipasang saja tanpa dikaitkan pengamannya. Helm sangat membantu, jika terjadi kecelakaan,” kata Zulfikar.

Para siswa diimbau tidak menabrak Undang Undang RI nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Sesuai dengan pasal 281 setiap pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. Pelajar SMP belum bisa mengurus SIM, belum cukup umur,” tegasnya.

Para pelajar juga dilarang mengubah spesifikasi teknis atau kelayakan sepeda motor standar. Hal tersebut juga tertuang dalam UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Usai upacara dan dilakukan pengecekan terhadap 30 sepeda motor yang dipakai para siswa. Ditemukan juga 4 unit sepeda motor yang menggunakan knalpot brong. Sedangkan sepeda motor lainnya tidak dilengkapi dengan kaca spion maupun lampu.

“Untuk knalpot brong atau knalpot yang tidak sesuai dengan spesipikasinya kami amankan. Sedangkan yang lainnya kami memberikan nasihat agar sepeda motor tersebut dilengkapi sesuai dengan peraturan,” jelasnya.

Mewakili Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM, Kasat Lantas Polres Bintan AKP Khafandi mengatakan, salah satu program Satlantas adalah memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah melalui program Police Go to School. Seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Bintan akan didatangi untuk memberikan imbauan keselamatan berlalu lintas.

Loading...