Netizen Trendingkan Savage, Songong dan Cringe Saat Debat Cawapres, Apa Artinya?

Loading...

Suarasiber.com – Debat Cawapres pada Minggu (21/1/2024) membuat sejumlah kata seperti savage, songong dan cringe trending.

Banyak pengguna medsos Indonesia ramai-ramai menyoroti tingkah laku Gibran yang dianggap sombong dan tidak sopan saat berhadapan dengan Mahfud MD.

Awalnya Gibran bertanya kepada Mahfud soal Greenflation. Mahfud menanyakan makna istilah itu, baru menjawab pertanyaan Gibran.

Selanjutnya moderator meminta Gibran menanggapi jawaban Mahfud. Saat inilah Gibran mendapatkan sorotan netizen. Ia membuat gestur merunduk sembari berkata itu adalah gerakan untuk mencari jawaban.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya,” kata Gibran.

Polah Gibran itu sontak mendapat sorotan negatif dari warganet. Mereka menilai tingkah laku Gibran pada debat malam ini ‘songong’ dan berusaha ‘savage’.

Menelusuri sejumlah sumber, savage berarti liar, ganas, kejam, dan brutal. Namun, dalam budaya populer, khususnya penggunaan di media sosial, savage adalah sebutan yang disematkan kepada orang-orang yang berani mengekspresikan sesuatu hal.

Semetara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemdikbud memberi makna songong sebagai tidak tahu adat. Hal ini disematkan netizen karena Gibran dianggap tidak sopan terhadap Mahfud.

Lalu apa itu cringe? Melansir wolipop, cringe adalah salah satu kata dalam bahasa Inggris kini populer di kalangan anak muda.

Merujuk yang kini menjadi kata yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Namun, beberapa orang masih belum memahami arti kata cringe yang sering kita gunakan ini.

Menurut aman Britannica, kata cringe memiliki sejumlah arti, seperti menjijikkan, mengerikan, atau merinding. Sedangkan Cambridge Dictionary menuliskan, cringe adalah suatu ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak nyaman atau malu yang muncul ketika melihat atau mendengar sesuatu yang memalukan, menjijikkan, atau tidak enak.

Istilah cringe sering digunakan untuk menggambarkan sebuah perasaan tidak nyaman atau malu yang muncul ketika melihat atau mendengar sesuatu yang memalukan, aneh, atau tidak pantas.

Istilah ini sering diucapkan di dalam konteks situasi yang menyebabkan timbulnya rasa malu atau tidak nyaman. Misalnya, percakapan atau perilaku yang memalukan atau saat melihat orang melakukan hal-hal yang tidak pantas atau aneh.

Cringe juga bisa merujuk pada suatu hal yang terasa sangat menjengkelkan atau menjijikkan sehingga membuat seseorang merasa tidak nyaman. Istilah cringe sendiri biasanya digunakan dalam bahasa informal dalam percakapan sehari-hari atau di media sosial. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...