Jaga Reputasi Penyuplai Sapi Kurban di Kepri, Pemkab Natuna Gelontorkan Bantuan Rp1 Miliar

Loading...

Suarasiber.com – Populasi ternak sapi di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri menjadi perhatian pemerintah setempat. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dikucurkan bantuan senilai Rp1 miliar.

Uang sejumlah itu untuk pemberdayaan kelompok peternakan sapi.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Natuna Ismail Sitam dalam keterangannya yang dikutip dari kabarbatam.com mengatakan upaya ini untuk mempertahankan Natuna sebagai penyuplai sapi kurban di wilayah Kepulauan Riau.

Sapi-sapi yang diadakan jenisnya unggul, akan diserahkan kepada kelomppk-kelompok peternak yang sudah terdata.

“Bantuan ini dikhususkan untuk warga yang tidak memiliki sapi ternak, namun memiliki lahan dan hobi.,” ungkap Ismail, Jumat (19/1/2024).

Lahan pribadi menjadi salah satu syarat mendapatkan bantuan ternak sapi untuk mengantisipasi munculnya permasalahan lain di masyarakat.

Pemkab Natuna akan mendatangkan bibit dari luar daerah jika di dalam dalam daerah tidak tersedia. Selama ini terdapat sejumlah kecamatan yang menjadi pilot project peternakan sapi. Di antaranya Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Selatan, Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Bunguran Batubi, Kecamatan Bunguran Tengah dan kecamatan di luar Pulau Bunguran.

Ismail mengatakan, populasi sapi di Natuna 5 – 7 ribu ekor. Pengadaan bibit ini bekerja sama dengan Pemprov Kepri. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...