Gen X, Y dan Z Pilih Menabung untuk Menjaga Stabilitas Finansial

Loading...

Suarasiber.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama Jakpat melakukan riset mengenai ‘Preferensi Menabung Masyarakat’ dan menemukan fakta menarik bahwa menabung masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjaga stabilitas finansial.

Riset dilakukan terhadap tiga generasi produktif saat ini — Gen X, generasi lahir pada tahun 1965-1980 (sekarang berusia 40-55 tahun), Gen Y atau Milenial yaitu generasi lahir pada tahun 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun, dan Gen Z, generasi lahir pada tahun 1997-2012 dan sekarang yang berusia 8-23 tahun.

Semua Generasi Menganggap Menabung Penting

  • 67% Gen X, 64% Gen Y, dan 79% Gen Z percaya akan pentingnya menabung karena dapat membantu mewujudkan rencana finansial mereka.

Menabung untuk Dana Darurat dan Simpanan Masa Depan

  • 74% responden membuka tabungan untuk dana darurat. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya persiapan finansial di saat mendesak.
  • 71% responden membuka tabungan simpanan masa depan, sebagai bentuk perencanaan finansial jangka panjang untuk kebutuhan di masa depan.

Bank Tetap Pilihan Utama

  • 84% responden memilih bank sebagai tempat menabung. Namun, sekitar 22% responden masih bingung memilih tempat menabung yang sesuai kebutuhan. Hal itu menunjukkan kurangnya informasi mengenai pilihan produk tabungan masih kurang didapat oleh masyarakat.

Konsisten dan Disiplin Menabung

  • 59% responden menghemat pengeluaran sebagai usaha menabung.
  • 56% responden menyisihkan uang secara konsisten, menandakan disiplin dalam mengelola keuangan.

Minat Tinggi pada Program Undian Berhadiah

  • 85% responden tertarik dengan program undian berhadiah melalui tabungan.
  • 76% responden termotivasi menabung karena program undian berhadiah.

Sejalan dengan Upaya Danamon

Temuan riset tersebut sejalan dengan upaya Danamon untuk menghadirkan kembali program Danamon Hadiah Beruntun untuk kedua kalinya. Hal ini sebagai solusi menarik bagi para nasabah serta calon nasabah baru untuk meningkatkan disiplin mereka dalam usaha menabung.

Program ini mendorong motivasi masyarakat untuk terus menabung karena memberikan peluang memenangkan hadiah-hadiah menarik secara berulang.

Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Ivan Jaya menuturkan, 71% responden menyatakan sangat berminat untuk menambahkan jumlah uang yang mereka tabung ketika mengikuti program ini.

Bahkan, 72% responden menganggap uang tunai berupa saldo tabungan, seperti cashback, sebagai hadiah yang paling masuk akal untuk dimenangkan.

“Jadi, kami percaya bahwa Danamon Hadiah Beruntun ini menjadi insentif tambahan bagi masyarakat yang memang sudah punya minat dan niat untuk menabung. Kami harap, program ini dapat membantu masyarakat memegang kendali atas tujuan dan kebutuhan finansial mereka, baik melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik maupun dengan berbagai hadiah yang semakin banyak dan semakin mudah untuk dimenangkan,” ujar Ivan, melansir keterangan yang diterima suarasiber.com.

Riset ini juga menunjukkan bahwa 43% responden memilih mobil dan motor sebagai hadiah yang menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa hadiah non-moneter tetap memiliki daya tarik signifikan. Temuan preferensi hadiah berupa cashback dan kendaraan bermotor ini mendukung hasil riset sebelumnya mengenai Danamon Hadiah Beruntun yang dilakukan Danamon bersama lembaga riset independen lainnya, sehingga membuktikan bahwa Danamon Hadiah Beruntun bisa menjadi program yang tepat untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam hal menabung.

Kemudian apabila berbicara mengenai fitur produk tabungan, hampir 50% dari masing-masing fitur yang paling diminati adalah bebas biaya transfer, bebas biaya top up e-wallet, tarik tunai di ATM lain tidak dipungut biaya, dan bebas biaya admin. Sebagai organisasi yang customer-centric, Danamon selalu berupaya tumbuh bersama nasabah dengan mendengarkan dan memahami kebutuhan mereka. Karenanya, Danamon menyediakan beragam program unggulan, termasuk tabungan yang memenuhi berbagai kebutuhan finansial nasabah.

“Riset kami bersama Jakpat menunjukkan menabung di bank masih menjadi pilihan relevan bagi masyarakat Indonesia. Dengan produk tabungan bank, dana yang disimpan cenderung lebih aman dan bisa juga digunakan untuk kebutuhan jangka pendek hingga panjang karena sifatnya yang likuid. Terlebih, setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda atas produk tabungan. Itulah sebabnya Danamon memiliki berbagai pilihan produk tabungan,” ujar Ivan.

Ragam produk tabungan Danamon juga mencerminkan respons terhadap temuan kebutuhan dan ekspektasi masyarakat terhadap produk tabungan, antara lain:

  • Tabungan Danamon LEBIH PRO adalah tabungan yang dibuat khusus untuk kebutuhan transaksi LEBIH untuk keseharian seperti mengelola sembilan mata uang berbeda dalam satu rekening yang bisa mempermudah transaksi saat berada di luar negeri. Dengan adanya sembilan mata uang seperti IDR, USD, AUD, NZD, SGD, EUR, GBP JPY, dan CNY, akan memudahkan nasabah dalam mengelola dananya yang didapatkan dari hasil transaksi dari mata uang berbeda. Terlebih, tidak perlu membuka rekening mata uang asing tambahan. Selain itu, transaksi jual beli valas di satu rekening juga bisa dilakukan, dan bebas biaya transaksi tarik tunai.
  • Tabungan FlexiMAX adalah tabungan dengan bunga bertingkat setara dengan deposito yang menawarkan kemudahan bertransaksi dan keuntungan finansial bagi nasabah yang membutuhkan transaksi tarik tunai ATM di luar negeri sebanyak 25 kali dalam sebulan.
  • Tabungan Danamon Save adalah tabungan digital bagi nasabah yang perorangan yang ingin membuka rekening tabungan kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke cabang. Tabungan ini juga ditujukan bagi nasabah yang membutuhkan kemudahan transaksi perbankan digital sehari-hari dengan manfaat kemudahan bebas biaya transfer 20x, bebas biaya top-up e-wallet 20x, dan bebas biaya tarik tunai 20x.

Ditambahkan Ivan, Danamon memiliki berbagai produk tabungan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi nasabah, mulai dari produk tabungan untuk anak-anak, tabungan Syariah, hingga tabungan yang dapat membantu nasabah mengelola mata uang berbeda. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...