Dua KRI Kebanggaan Indonesia Serah Terima Mandat di Lebanon

Loading...

Suarasiber.com – Menjelang Transfer of Authority (ToA), KRI Frans Kaisiepo-368 dan KRI Diponegoro-365 melaksanakan rangkaian kegiatan verifikasi dan hand over / take over (HOTO) internal Troop Contributing Country (TCC) Indonesia.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Laksda TNI Retiono Kunto H., S.E., M.A.P., CRMP, M.Tr.Opsla., bertempat di Pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa (9/1/2024).

Dalam amanatnya, Komandan PMPP TNI menyampaikan apresiasi kepada Satgas lama atas pengabdian dan berbagai capaian yang telah mengharumkan Indonesia di kancah global. Satgas agar tidak euforia dan perlu terus menjaga kewaspadaan dalam membawa personel dan Alutsista selamat kembali ke Tanah Air.

“Segera beradaptasi dengan kondisi terkini dan memberikan pengabdian terbaik untuk keberhasilan misi,” pesan Komandan PMPP TNI kepada Satgas Baru, mengutip keterangan resmi yang diterima redaksi.

Dalam Upacara Hand Over/ Take Over, Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh menyerahkan Bendera Unitied Nations (UN) kepada Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu dilanjutkan penandatangan memorandum yang disaksikan langsung oleh Komandan PMPP TNI selaku Inspektur Upacara.

Kegiatan dilanjutkan dengan Commanding Officer talk membahas hal-hal krusial, verifikasi menyeluruh termasuk inventaris yang diserahterimakan, presentasi situasi terkini dan capaian Satgas, serta profesional sharing secara komprehensif.

Hal ini merupakan tindak lanjut perintah Panglima TNI untuk menjamin keberlanjutan peran Indonesia dalam misi perdamaian dunia berdasarkan amanat konstitusi dan memastikan proses serah terima yang akuntabel.

Verifikasi dan HOTO berjalan tertib, lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan sehingga KRI Diponegoro-365 sebagai Satgas baru siap memberikan pengabdian terbaik dalam mengemban mandat PBB dan mengharumkan Indonesia di kancah global. (***)

Yusfreyendi

Loading...