30 KK Petani Udang Vaname Panen 9 Ton di Lingga Terima Bantuan Pemprov Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Sebanyak 300 kepala keluarga (KK) petani udang vaname di Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga mendapatkan bantuan dari Pemprov Kepri yang diserahkan Gubernur Ansar Ahmad, Sabtu (20/1/2024).

Total bantuan senilai Rp. 1.170.078.150,- disalurkan untuk mendukung berbagai program di Kabupaten Lingga, termasuk dukungan peralatan cetak tambak udang vaname, peningkatan budidaya teripang, dan pengembangan budidaya ikan laut.

Saat keunjungan kerjanya ke Lingga, Gubernur Ansar menjelaskan dukungan Pemprov Kepri diberikan kepada petani vaname karena jumlah produksi per siklus (4 bulan) mencapai 8 hingga 9 ton.

“Panen udang parsial di Desa Tinjul ini merupakan contoh nyata dari kemajuan sektor perikanan kita. Melalui bantuan ini, kami berharap dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan para petani dan nelayan di Kepulauan Riau,” harapan Gubernur Ansar, melansir keterangan resmi Diskominfo.

Gubernur Ansar juga menyampaikan, pemerintah provinsi Kepri akan terus memberikan perhatian dan dukungan kepada Kabupaten Lingga, baik dalam hal infrastruktur, pendidikan, kesehatan, maupun sektor-sektor lain yang menjadi prioritas pembangunan. Ia mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan visi Kepri sebagai poros maritim dunia.

Sejarah tambak udang vaname di Lingga sudah cukup panjang. Pada 2019, saat Bupatinya masih Alias Wello, dilaksanakan panen 10 ton udang vaname di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan.

Kemudian pada akhir Oktyober 2023 lalu, Wakio Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy bersama investor muda asal Dabo Singkep, Kenzi melakukan panen raya udang vaname di PT. Singkep Putra Perkasa di Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga.

“Saat ini sudah enam kolam yang dibuka. Akhir tahun ini ditargetkan akan terbuka 20 kolam dengan hasil 10 ton per kolam,” kata pemilik tambak udang vaname PT. SPP., Kenzi, Rabu (25/10/2023).

Turut mendampingi kunjungan kerja Gubernur Ansar yaitu Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Lingga M. Nizar, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri Rizky Faisal, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri Said Sudrajat, dan anggota Tim Percepatan Pembangunan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...