Dorong Digitalisasi Pesantren, Kemenag Beri Bantuan 1.080 Laptop

Loading...

Suarasiber.com – Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) menyalurkan bantuan berupa 1.080 laptop dan diklat transformasi digital.

Bantuan ini diharapkan mampu mendorong digitalisasi pesantren dan sudah diserahkan antara Juni dan Juli 2023 lalu.

Menurut Plt Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur, digitalisasi sangat penting sebagai bentuk adaptasi pesantren terhadap perkembangan zaman.

Hanya pesantren yang beradaptasi akan memiliki keberlanjutan.

“Kalau tidak melakukan adaptasi akan ditelan zaman,” ujarnya saat memberi sambutan pada Transformasi dan Penguatan Layanan Data Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam, di Jakarta, Rabu (20/12/2023) dikutip dari keterangan resmi.

Bantuan laptop tersebut dibagikan kepada 270 pesantren di 34 provinsi.

Ia justru meyayangkan pesantren yang enggan beradaptasi dengan dalih menjaga wasiat. Sehingga pesantren tersebut tidak mau memakai komputer, laptop, dan teknologi digital lainnya.

Pemikiran seperti itu diharapkan dipikir ulang, karena pesantren yang tidak mau beradaptasi dengan zaman bisa ditinggal masyarakat.

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berharap pesantren yang telah mendapat bantuan digitalisasi pesantren dari Kemenag dapat memanfaatkan bantuan itu dengan maksimal.

Pesantren diharapkan membuat dan mengaktifkan kanal-kanal media guna menyebarluaskan informasi yang penting kepada masyarakat. Sebab, kata dia, hari ini kekuatan pesantren ada pada publikasi. Pesantren yang gencar melakukan publikasi akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Pesantren juga harus menyiapkan sumber daya manusia atau operator yang terampil di dalam mengoperasikan teknologi.

Sejauh ini Waryono belum puas dengan peran pesantren tradisional di dunia digital. Hal lain yang ditegaskannya ialah melakukan pengembangan pembelajaran. Pembelajaran yang dulu dilakukan secara tradisional sekarang dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi.(syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...