Canggihnya Instalasi Medis Milik TNI Dalam KTT AIS Forum 2023

Loading...

BALI (suarasiber.com) – Instalasi Medis modern milik TNI dalam hal ini Satgas Medis yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP telah tergelar dan siap beroperasi penuh untuk yang mendukung pelaksanaan KTT AIS Forum 2023.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI selaku Dansatgas Medis Mayjen TNI dr. Guntoro, Sp.BP-RE(K)., bertempat di Posko Satgas Medis, BIMC Hospital, Nusa Dua Bali, Rabu (10/10/2023).

Menurut Kapuskes TNI, instalasi medis yang tergelar di berbagai titik di wilayah Nusa Dua Bali ini meliputi Mini ICU, Mobile Hospital, Ambulance, Kontainer Medik Udara (KMU), Heli Evakuasi dan berbagai peralatan medis lainnya.

Selain itu, disiagakan pula puluhan tenaga kesehatan seperti dokter umum dan spesialis TNI gabungan tiga matra dari Puskes TNI, Dinas Kesehatan (Diskes) AD, AL AU serta Kesdam IX/Udayana yang siap sewaktu-waktu dibutuhkan apabila terdapat delegasi peserta KTT AIS Forum yang membutuhkan pertolongan medis.

“Instalasi medis berikut pengawaknya telah kita siapkan di berbagai titik mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, akomodasi tempat menginap para delegasi dan di venue utama penyelenggaraan KTT AIS Forum,” pungkas Kapuskes TNI.

“Jika delegasi asing ada yang membutuhkan pertolongan medis, anggota saya di lapangan akan memberikan pertolongan medis sesuai dengan tingkat kedaruratannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan beberapa Rumah Sakit seperti BIMC Hospital di Nusa Dua, RS Siloam dan RS Sanglah Denpasar serta Kapal Rumah Sakit dr. Rajiman Widyodinigrat milik TNI AL yang sandar di Pelabuhan Tanjung Benoa apabila terdapat pasien yang perlu dirujuk guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. (***)

Loading...