Ungkap Rasa Syukur Akan Hasil Laut, Warga Lamongan Gelar Gandrung Rajungan

Loading...

Suarasiber.com – Lapangan Utara GOR Sport Center Kemantren, Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan mendadak dipenuhi oleh lapak UMKM milik warga.

Bukan tanpa sebab, UMKM milik warga itu menyajikan berbagai hasil laut yang dikemas dalam festival Gandrung Rajungan. Salah satu festival atau budaya masyarakat dalam mensyukuri hasil laut yang dihasilkan oleh para nelayan.

Adanya festival itupun, menarik perhatian berbagai pihak untuk datang mengikuti berjalannya festival itu, salah satu diantaranya ialah Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan.

Tak hanya itu saja, di lokasi festival itu juga digelar adanya sosialisasi terkait ketentuan cukai rokok dan bahaya rokok ilegal. Sosialisasi tersebut, dilakukan oleh Forkopimda Lamongan.

Foto – pendim lamongan

“Masyarakat telah berhasil mengolah sumber daya alamnya dengan baik. Ditambah lagi, potensi itu diolah melalui produk-produk UMKM pangan, dan sandang serta pengelolaan Bumdes setempat,” kata Dandim ditemui disela-sela kunjungannya. Sabtu (26/08/2023).

Selain itu, Letkol Wira berujar, festival yang diselingi dengan adanya sosialisasi cukai ilegal tersebut, dinilai mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya peredaran rokok ilegal.

“Dengan adanya sosialisasi itu, diharapkan bisa meminimalisir peredaran rokok ilegal yang merugikan keuangan negara dan daerah,” imbuh Dandim. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...