15.110 Pemain Angklung Pecahkan Rekor Dunia untuk Indonesia

Loading...

Suarasiber.com – Indonesia kembali memecahkan rekor pagelaran angklung dengan peserta terbanyak di dunia.

Pagelaran dilaksanakan Sabtu (5/8/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pada pemecahan rekor dunia kali ini melibatkan 15.110 pemain angklung. Mereka berasal dari instansi pemerintahan, termasuk kepolisian, Kemensetneg, Sekretariat Kabinet (Setkab), Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dan sejumlah instansi lainnya.

Pada tahun 2011 lalu, Indonesia juga memecahkan rekor untuk hal yang sama. Saat itu ada 5.182 pemain angklung yang memainkan alat musik tradisionalnya secara bersama-sama.

Atraksi angklungnya juga dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington, DC, tepatnya pada 9 Juli 2011. Peserta tampil memainkan lagu We Are the World dalam durasi 6 menit.

Pemecahan rekor tahun 2023 ini disampaikan Adjudicator Guinness World Records, Sonia Ushigorochi, saat pagelaran angklung dilaksanakan di SUGBK.

Sonia menyerahkan sertifikat rekor dunia tersebut kepada Tri Suswati Tito Karnavian, yang merupakan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sekaligus ketua panitia pergelaran. Sertifikat selanjutnya diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Ia lantas mencatat, Indonesia mengoleksi 124 rekor dunia dan 125 termasuk pagelaran angklung peserta terbanyak. Dari jumlah tersebut, 14 rekor dunia dibuat di Jakarta.

Lagu yang dimainkan pada pemecahan rekor dunia ini ada dua dengan durasi tujuh menit. Kedua lagu adalah Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan Wind of Change milik Scorpions.

Semua peserta mengenakan kemeja putih, celana hitam dengan ikat kepala dan syal warna merah putih. Dipimpin oleh Saung Angklung Udjo, sasana angklung dari Bandung, Jawa Barat, semua peserta memainkan lagu dengan angklung secara apik. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...