Pemprov Kepri Sediakan Rp43 Miliar Dukung Pembangunan Sarana dan Prasarana Kepolisian

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan dukungan dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana kepada kepolisian.

Anggaran yang disediakan Rp 43 miliar. Jumlah itu untuk tahun anggaran 2021, 2022 dan 2023.

Menurut Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja institusi kepolisian dalam menjalankan tugasnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Ansar saat menghadiri Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 di Lapangan Bhayangkara Polda Kepulauan Riau, Batam, pada Sabtu (1/7/2023).

Selain mengucappkan selamat Hari Bhayangkara, Gubernur Ansar berharap agar sinergi antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Polda Kepri semakin kuat dan senantiasa melindungi masyarakat.

Menciptakan kondisi yang aman, damai, tentram, dan makmur, serta saling mendukung dalam percepatan pembangunan di Kepulauan Riau.

Menurut Gubernur Ansar, kepolisian memiliki peran yang sangat penting bukan hanya dalam menjaga ketertiban dan keamanan, tetapi juga fungsi kerjasama dan pengayoman dalam masyarakat, terutama di beberapa daerah untuk memudahkan sekaligus menertibkan dan menjadikan daerah yang aman, dalam hal ini perlu adanya kerjasama antara aparat penegak hukum (Polisi) dan Pemerintah Daerah.

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen untuk terus mendukung peran dan tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Kolaborasi antara Pemerintah dan Kepolisian Republik Indonesia merupakan langkah strategis untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dalam konteks ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah mengambil berbagai langkah strategis, seperti penanganan Covid-19 dengan penegakan protokol kesehatan, penanganan pasien Covid-19, serta memberikan santunan kepada keluarga terdampak Covid-19,” papar Gubernur Ansar.

Selain itu, tambah Gubernur, Pemprov Kepri juga fokus pada pengendalian inflasi dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan pengawasan jalur distribusi penyaluran BBM. Kolaborasi antara Pemerintah dan Kepolisian juga terjadi dalam menjaga keamanan pada setiap momen hari besar keagamaan dan mengintensifkan keamanan di wilayah perbatasan dan wilayah terluar.

Peringatan yang dikemas dalam bentuk syukuran ini diisi dengan serangkaian kegiatan, termasuk penyerahan penghargaan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kepulauan Riau dan masyarakat yang berjasa, serta kepada personel kepolisian yang telah mencapai prestasi.

Selain itu, juga dilakukan pemberian Tali Asih kepada Purnawirawan Polri dan Warakawuri, serta penyerahan piagam dan trofi pertandingan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-77.

Salah satu momen penting dalam acara tersebut adalah peluncuran Buku Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun dengan judul Nilai Budaya Masyarakat Kepulauan Riau dalam Perspektif Binkamtibmas.

Ada juga penyerahan tumpeng untuk personel polisi termuda dan tertua sebagai simbol penghormatan kepada generasi muda dan pengalaman yang luar biasa dalam kepolisian. Acara ditutup dengan sesi ramah tamah antara para peserta.

Selain Gubernur Ansar Ahmad, acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TN Irvasyah, Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun, Kabinda Kepri Bonar Panjaitan, Danlantamal IV Laksma TNI Tjatur Soniarto, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto, serta para pimpinan instansi vertikal dan tokoh masyarakat lainnya. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...