Mulai 1 Agustus 2023, Pelindo Tanjungpinang Naikkan Tarif Pas Pelabuhan Sri Bintan Pura Jadi Rp15.000

Loading...

Suarasiber.com – PT Pelindo (Persero) Regional I Cabang Tanjungpinang berencana menyesuaikan tarif pas atau tiket masuk di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Menurut General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 1 Cabang Tanjungpinang, Darwis, penyesuaian tarif ini akan mulai diberlakukan pada 1 Agustus 2023.

Kenaikan tiket masuk pelabuhan ini didasarkan pada inflasi yang terjadi sejak 2017 silam. Selain itu juga karena kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan biaya operasional.

“Perlu diketahui, tarif yang sekarang berlaku sudah hampir 6 tahun. Sebenarnya kami sudah bisa menyesusikan tarif tiga kali. Tentu saja kebijakan ini kami sertai dengan peningkatan pelayanan yang berkesinambungan,” ujarnya, saat konferensi pers di Aula Koarmada I Tanjungpinang, Senin (17/7/2023).

Soal besaran kenaikan, Darwis menyebut Rp15 ribu yang diberlakukan untuk calon penumpang domestik.

Sementara calon penumpang internasional warga negara indonesia (WNI) Rp75 ribu dan warga negara asing (WNA) Rp100 ribu.

Dikatakan Darwis, penyesuaian tiket masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura ini bukanlah tiba-tiba. Selain melalui kajian juga melihat perbandingan dengan pelabuhan lain, seperti di Batam, Malaysia dan Singapura.

Sri Bintan Pura sendiri akan direvitalisasi. Di antaranya memindahkan posisi pintu pass elektronik, membangun gapura utama yang lebih megah, peremajaan ponton A sampai D, under deck repair dan perbaikan lainnya.

Darwis juga tengah memikirkan untuk mengubah pintu masuk dan keluar bagi kendaraan roda empat dan dua. “Namun yang ini masih harus kami diskusikan dan kaji dengan tim,” sambungnya.

Rencana ini mendapatkan tanggapan dari Direktur PT. TMB BUMD Tanjungpinang, Windrasto Dwi Guntoro yang mengatakan peningkatan jumlah penumpang memang sudah seharusnya mendapatkan perhatian dari Pelindo. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...