Kecerdasan Buatan Dinilai Bisa Berperan Tingkatkan Efektivitas Kampanye

Loading...

Suarasiber.com – Kampanye adalah tahapan yang pasti dilalui oleh orang-orang yang akan berlaga di kursi legislatif juga Pilkada.

Di dalam era teknologi digital yang semakin maju, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah membuka peluang baru dalam meningkatkan efektivitas kampanye.

Berdasarkan rilis yang diterima suarasiber.com dari ChatApp.id, AI telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai sektor industri dan kegunaan. Mulai dari chatbot pintar yang digunakan pada layanan pelanggan, aplikasi pemrosesan multimedia, sampai ke asisten pribadi.

“Dengan kemudahannya untuk diintegrasi dengan berbagai platform, AI dapat diintegrasikan dengan berbagai platform. Salah satu platform yang dapat diintegrasikan adalah aplikasi pesan instan WhatsApp,” demikian dilansir dari rilis.

WhatsApp, sebagai salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, telah menjadi alat komunikasi yang sangat efektif. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, WhatsApp dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kampanye, berinteraksi langsung dengan pemilih, dan membangun keterlibatan yang lebih baik.

Menurut ChatApp.id sebagai perusahaan IT yang bergerak dalam bidang pengembangan platform komunikasi berbasis cloud (CpaaS-CommunicationPlatform as a Service), kampanye dapat lebih dioptimalkan dengan penggunaan AI.

Berbagai hal yang dapat dilakukan pada masa kampanye menggunakan AI ialah:

Pusat Informasidan Kegiatan.

Pemilih dapat mendapatkan informasi dan kegiatan kandidat secara langsung dan real-time.

Saran dan Kritik.

Pemilih dapat menyampaikan saran dan kritik kepada kandidat secara langsung. Selain itupemilih juga dapat berdiskusi langsung dengan kandidat yang direpresentasikanoleh AI.

Pooling

Tim kampanye dapat mengirimkan pooling kepada pemilih yang hasilnya dapat langsung dilihat secara realtime.

Monitoring.

Tim kampanye jugadapat memanfaatkan platform ini sebagai alat untuk monitoring pada saatkampanye berjalan.

“Dengan memanfaatkan AI secara bijak, tim kampanye dapat mengoptimalkan upaya mereka dalam mencapai pemilih,” tulis rilis itu.

Manfaat penggunaan AI yang lain ialah membangun keterlibatan yang kuat dan mempengaruhi opini publik. (Syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...