4.000 Rumah Mati Listrik dan Jalan Ditutup Akibat Hujan Lebat di Seoul

Loading...

Suarasiber.com – Sedikitnya 4.000 rumah warga Korea Selatan yang tinggal di Seoul mengalami mati listrik. Hal ini dikarenakan hujan yang turun sangat lebat.

Hujan kencang dan angin kuat sudah dua hari berlangsung di Seoul. Daerah-daerah yang listrinya padam serta jalan ditutup di antaranya Hongje-dong, Seodaemun-gu dan Dobong-gu.

Dalam kondisi ini, terdapat 79 orang dievakuasi pada Jumat (14/7/2023). Hujan deras juga menyebabkan runtuhnya tanggul jalan tol di Yeonhui-dong Seodaemun-gu di Seoul barat, pada Kamis malam. Namun, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan atas peristiwa itu.

Pemerintah setempat sempat mengeluarkan peringatan tanah longsor untuk penduduk di Nowon-gu, Seoul Utara, pada pukul 4.46 Jumat pagi waktu setempat. Namun, peringatan itu kini telah dicabut. Hujan lebat beserta petir pun diperkirakan masih terjadi pada akhir pekan ini.

Melansir CNN Indonesia, badan cuaca otoritas setempat mengeluarkan pengumuman hujan lebat sebanyak 30 hingga 80 milimeter per jam akan melanda Seoul Raya selama akhir pekan.

Perdana Menteri Han Duck-soo pada Jumat telah menginstruksikan pemerintah untuk berupaya keras menangani dampak bencana. Ia menegaskan fokus pada pencegahan korban harus menjadi prioritas tertinggi. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...