34 Perguruan Tinggi Siap Selenggarakan Program Wirausaha Merdeka

Loading...

Suarasiber.com – Sebanyak 34 perguruan tinggi akademik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi telah terpilih sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Wirausaha Merdeka (WMK) Tahun 2023.

Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut adalah sebagai salah satu implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Peserta program ini diberikan kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan daya kerja mahasiswa.

Selama belajar di Perguruan Tinggi Pelaksana, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari praktisi ahli serta akademisi yang memiliki kepakaran di bidang bisnis. Mereka juga bisa mempraktikkan secara langsung prinsip-prinsip kewirausahaan yang dipelajari, sehingga mereka mendapatkan gambaran holistik tentang bagaimana menjalankan bisnis yang baik.

“Program Wirausaha Merdeka adalah program yang dirancang untuk bisa menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang tidak didasarkan secara langsung, akan tetapi dengan desain perencanaan yang matang,” tutur Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, Selasa (27/6).

“Harapannya bagian pengajaran lebih jelas dengan berbagai kegiatan penguatan sehingga setelah program selesai, pesertanya bisa diakselerasi untuk mampu membangun wirausahanya secara mandiri,” imbuhnya, dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek RI.

Melalui program ini, mahasiswa akan memperoleh kompetensi dasar seperti kemampuan mengidentifikasi dan merespons peluang, kemampuan membuat perencanaan usaha, serta kepercayaan diri dan orientasi yang terarah. Pengalaman belajar selama satu semester tersebut diharapkan menjadi nilai tambah yang sangat bernilai sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa.

Pada pelaksanaan program yang pertama di tahun 2022 lalu, tercatat lebih dari 11.000 mahasiswa telah mendapatkan kesempatan untuk mengasah kompetensi kewirausahaannya di 17 PTP terpilih.

Loading...