Polri Petakan Titik Rawan Kecelakaan di Pulau Jawa, Ini Daerahnya

Loading...

Suarasiber.com – Polri telah memetakan beragam potensi gangguan yang mungkin terjadi selama arus mudik Lebaran 2023 ini. Salah satunya pemetaan terkait daerah yang memiliki risiko rawan kecelakaan tinggi.

“Kita tahu bahwa cuaca cerah, arus padat, perjalanan jauh, itu punya resiko kecelakaan tinggi,” jelas Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Jumat (14/4/23), dilansir dari tribratanews.polri.go.id.

Jenderal Bintang Dua itu menjelaskan bahwa dari hasil pemetaan tersebut terdapat sejumlah daerah yang memiliki angka potensi kecelakaan yang cukup tinggi. Daerah tersebut ialah Provinsi Jatim, disusul Jateng dan Jabar.

“Kita melihat bahwa dengan jumlah kecelakaan yang semakin jauh dari Jakarta artinya perjalanan mudik yang jauh itu punya potensi kecelakaan yang lebih tinggi,” jelasnya lebih lanjut.

Ia pun mengimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik bisa beristirahat di rest area ketika merasa lelah. Dengan begitu risiko kecelakaan bisa ditekan.

“Nah ini yang perlu kita antisipasikan yang saudara-saudara kita yang akan melaksanakan mudik kita harapkan bisa memanfaatkan rest area dan istirahat yang cukup. Agar tadi konsentrasi kita dan kewaspadaan kita untuk tidak sampai terjadi kecelakaan bisa dilakukan,” tambahnya.

Mantan Kapolda Riau itu juga menyebutkan pihaknya akan secara berkala memberikan update kondisi. Salah satunya cuaca yang telah bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Demikian juga kita terus mengikuti apabila ada informasi terkait dengan potensi gempa bumi atau yang segera kita bisa informasikan,” tutupnya.

(my/hn/um)

Loading...