Ratusan Orang Tewas, Turki Diguncang Gempa Magnitudo 7,8

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Kesehatan Turki melaporkan bahwa jumlah korban meninggal yang disebabkan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,8 yang berpusat di Turki, Senin (6/2/2023), telah melonjak drastis.

Di Turki tercatat 76 orang wafat. Sementara itu, di Suriah 237 orang tewas.

Melansir pmjnews.com, Asisten Menteri Kesehatan Ahmed Dhamiriyeh menjelaskan selain 237 orang meninggal, sekitar 639 lainnya terluka.

Wilayah Suriah yang terkena dampak gempa terbagi antara wilayah yang dikuasai pemerintah dan yang dikuasai oposisi atau pemberontak.

Di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, kelompok Pertahanan Sipil Suriah menggambarkan situasi sebagai bencana. Bahkan, seluruh bangunan sudah runtuh dan orang-orang terjebak di bawah reruntuhan.

Sedangkan, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Turki melaporkan awal dari daerah yang dilanda gempa di tenggara negara tersebut menunjukkan bahwa setidaknya 76 orang tewas. Disebutkan juga 440 orang tambahan terluka.

Terpisah Kantor Berita Turki Anadolu Agency dan media yang dikelola pemerintah, AFAD mencatat daerah yang terkena dampak antara lain Kahramanmaras, Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay dan Kilis.

Berdasarkan keterangan AFAD, terdapat 42 gempa susulan tercatat setelah gempa pada Senin.

Organisasi itu mengumumkan status bencana “level 4” dan meminta bantuan internasional.

AFAD mencatat kekuatan gempa adalah magnitudo 7,4. Tetapi, Layanan Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat kekuatannya magnitudo 7,8. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...