Beri Kuliah Umum, Wako Tanjungpinang Paparkan 3 Hal Harus Dipegang Pemimpin

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang memaparkan ada 3 hal yang harus dipegang oleh seorang pemimpin. Kompetensi, jiwa kepemimpinan dan integritas, sebutnya.

Hj Rahma SIP MM menyampaikan hal tersebut saat memberikan kuliah umum di Aula Khusairi Usman Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Senin (16/1/2023).

Kompetensi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang sesuai dengan bidang kerja yang dipilihnya.

“Penguasaan kompetensi itu sangat penting. Tanpa kompetensi, seseorang akan bekerja tanpa arah dan tak akan mencapai tujuan yang diharapkan. Kompetensi termasuk hal yang ditawarkan atau dijual oleh seorang pemimpin. Jadi kalau tidak berkompeten di ranahnya, akan susah menduduki jabatan di posisi pemimpin,” jelas Rahma.

Rahma memberikan pencerahan, motivasi dan berbagi pengalaman tentang kepemimpinan, termasuk penanganan Covid-19 dan optimalisasi IKM serta birokrasi di Kota Tanjungpinang.

“Pemimpin itu diperlukan satu jiwa berprinsip yang tegas, selain itu harus proaktif pada persoalan-persoalan yang muncul di lingkungan, jujur, komunikatif dan terbuka untuk dikritik. Visioner dan mampu berani menanggung resiko. Semuanya adalah modal yang harus dibina, yang tidak serta-merta didapatkan di bangku kuliah,” ungkap Rahma.

Ia juga mengatakan soal pentingnya manajemen diri, manajemen waktu, ketepatan pengambilan keputusan, tegas dan keberanian. “Jiwa kepemimpinan ini perlu diasah sejak dini melalui organisasi maupun pekerjaan. Jiwa kepemimpinan ini harus ada karena berguna untuk mengembangkan diri sendiri dan mengembangkan orang lain. Mulailah menjadi pemimpin untuk diri sendiri yang menentukan kemana tujuan kita kedepan,” tutur Rahma. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...