Robinhood Indonesia, Donald Pandiangan Jadi Google Doodle

Loading...

Suarasiber.com – Legenda panahan dari Indonesia, Donald Pandiangan diabadikan sebagai Google Doodle hari ini, Senin (12/12/2022).

Donald dilahirkan pada hari ini tahun 1945 silam, di Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Prestasinya luar biasa di dunia panahan yang membawa harum nama Indonesia.

Selain PON, SEA Games juga menjadang langganan kemenangan Donald yang juga berprofesi sebagai pelatih panahan. Saat bertugas sebagai pelatih, ia mengantar keberhasilan Indonesia meraih medali pertama di Olimpiade.

Nama-nama atlet panahan seperti Lilies Handayani, Nurfitriana Saiman dan Kusuma Wardhani adalah hasil gemblengan Donald yang merebut perak di Olimpiade Seoul tahun 1998.

Namanya juga harum di film 3 Srikandi yang diperankan oleh Reza Rahardian. Namun panahan bukan cita-cita Donald. Ia gagal menjadi insinyur karena kondisi ekonomi dan bekerja di perusahaan transportasi.

Di tempat kerja ia menemukan peralatan panahan dan belajar ketika usianya 25 tahun.

Donald mendapatkan sebutan Robinhood Indonesia. Pernah muncul berita Donald berhasil menancapkan anak panah yang ia lontarkan di ekor anak panah lain yang sudah lebih dulu tertancap di sasaran. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...