Kegembiraan Ketua PKK Kepri Panen Kangkung Hidroponik Bareng Warga

Loading...

Suarasiber.com – Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar bersama para pengurus Pokja lll PKK Kepri dan warga Kampung Panglong melaksanakan panen sayur Kangkung hidroponik perdana di Kampung Panglong, Desa Berakit Bintan, Senin (26/12/2022).

Panen sayur kangkung hidroponik ini digelar dikarenakan sebelumnya pada 6 Desember lalu, Dewi Ansar menyerahkan bantuan berupa 4 Kit Hidroponik kepada 4 Kelompok Masyarakat Kampung Panglong. Setelah, diserahkan 4 kit hidroponik oleh Dewi Ansar ini masyarakat Kampung Panglong langsung bersama-sama menggunakannya untuk menanam sayuran Kangkung.

Kini tanaman kangkung hidroponik tersebut sudah siap di panen dan Hj. Dewi kumalasari diundang secara khusus dari para kelompok tani untuk melakukan panen perdana. Menanggapi antusias begitu besar dari warga Kampung Panglong untuk panen bersama, Dewi Ansar mengajak para pengurus Pokja lll PKK Kepri langsung bergegas ke Kampung Panglong untuk panen sayuran Kangkung Hidroponik tersebut.

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam modern yang tanpa menggunakan media tanah, budidaya tanaman ini lebih mengutamakan media air yang telah di campur dengan nutrisi. Dengan teknik menanam tanaman hidroponik ini, tidak memerlukan lahan yang luas, dapat memanfaatkan lahan pekarangan atau halaman rumah yang relatif sempit khususnya yang tinggal di perkotaan.

“Melalui momen panen ini, kita cmengajak masyarakat untuk lebih kreatif. Mari kita manfaatkan lahan pekarangan rumah untuk mértani hidroponik. Mudah, murah dan manfaatnya banyai,” kata Dewi Ansar.

Usai panen sayuran Kangkung Hidroponik bersama warga Kampung Panglong, Dewi Ansar menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan guna menambah perekonomian dalam rumah tangga. Dengan hasil panen sayuran ini, secara otomatis menghemat dapur rumah tangga.

“Dari hasil yang dipanen ini sebagai contoh kepada masyarakat Kepri khususnya masyarakat Kabupaten Bintan dan berharap bisa juga mempengaruhi masyarakat di Kabupaten/Kota lainnya dalam hal budidaya tanaman sayur dalam hidroponik yang dapat bermanfaat menambah perekonomian keluarga,” pesannya.

Dewi Ansar juga berharap dari kegiatan ini warga Kampung Panglong bisa meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik. “Sehingga menghasilkan sayuran yang sehat serta meningkatkan perekonomian dan kebutuhan sehari – hari,” jelasnya.

Dari hasil panen 4 kit hidroponik ini berhasil memanen 40 kilogram sayuran kangkung. 17 kilogram diantaranya dijual dan uang hasil penjualan digunakan untuk membeli bibit dan sisanya dibagikan kepada warga Kampung Panglong untuk dimasak bersama. (***/ky)

Editor Yusfreyendi

Loading...