Kabar Gembira! 320.000 Guru Honorer Akan Diangkat Menjadi PPPK Tahun Ini

Loading...

Suarasiber.com – Kabar gembira untuk warga Indonesia yang saat ini menjalani profesi sebagai guru hororer. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan mengangkat 320.000 guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.

Penegasan ini disampaikan oleh Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim saat menghadiri peringatan ke-77 HUT PGRI dan Hari Guru Nasional yang dikutip dari YouTube Sejretariat Presiden, Sabtu (3/12/2022).

Sebelumnya, pemerintah juga sudah mengangkat 300.000 guru honorer sebagai ASN/PPPK. Sementara tahun ini, jumlah guru honorer yang diangkat bertambah menjadi 320.000.

Nadiem menjelaskan, pengangkatan guru honorer menimbulkan tantangan, termasuk formasi.

“Banyak guru sudah lulus passing grade tetapi ternyata tak mendapatkan formasi yang jumlahnya terbatas.

Nadien mendorong pemerintah daerah untuk mengangkat guru honorer yang lulus serangkaian seleksi.

Pengangkatan guru honrer menjadi PPPK juga dibarengi dengan kolaborasi dengan berbagai kementerian. Kementerian yang dimaksud ialah Kemendikbudristek,Kemenpan RB, Kemenkeu. Semuanya akan mengikuti persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

Sementara kebijakan pemerintah pusat ialah melengkapi formasi guru PPPK apabila Pemda tidak mengajukan formasi sesuai kebutuhan pada Maret 2023. Gaji dan tunjagan PPPK dari guru honorer dilarang dipakai untuk kebutuhan lain.

Anggaran untuk guru ASN/PPPK hanya ditransfer setelah pengangkatan. Menurut Nadiem ini cara memastikan kesejahteraan guru di Indonesia. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...