free page hit counter

PLN Payalaman Anambas Terima Tuntutan, Rencana Unjuk Rasa Warga Dibatalkan

Loading...

Suarasiber.com – Persoalan pemadaman PLN di Desa Payaman, Kabupaten Anambas, Kepri yang melibatkan warga setempat dan pengurus PLN berakhir damai di Mapolsek Palmatak, Ahad (27/11/2022).

Unjuk rasa rancananya akan dilaksanakan oleh aliansi masyarakat Kecamatan Siantan Tengah dengan pihak kantor PLN Desa Payalaman karena jadwal pemadaman yang tak diinformasikan terlebih dahulu.

Pengguna PLN juga mengeluhkan adanya lampu yang redup-redup saat aliran di matikan. Kondisi ini dikhawatirkan warga merusak alat-alat elektronika mereka.

“Pertemuan ini merupakan arahan dari Bapak Kapolres AKBP Syafrudin Semidang Sakti SIK yang mengharapkan dilakukan mediasi agar menemukan jalan keluar,” tutur KBO Sat Intelkam Polres Anambas, Ipda Christian Nicholaus Tampubolon.

Ketua Aliansi Masyarakat Kecamatan Siantan Tengah selaku penanggung jawab aksi, Muhammad Karim, Meminta permasalahan terkait listrik ini segera diselesaikan. Atau kalau bisa dikembalikan normal seperti biasa.

“Kami juga meminta kepada pihak PLN untuk lebih proaktif memberikan informasi apabila akan melakukan pemadaman listrik,” kata Karim.

Masyarakat meminta PLN mengajukan pengadaan mesin yang baru apabila mesin yang ada sekarang sudah tidak mampu beroperasi selayaknya. Terakhir, pihak PLN untuk menandatangani tuntutan warga seperti disebutkan di atas.

Koordinator PLN Desa Payalaman, Ade Hendriawan meminta maaf atas pemadaman yang terjadi. “Diesel yang kami miliki belakangan sedang gangguan sehingga mengakibatkan kekurangan jumlah daya listrik yang dihasilkan. Kami akan lebih proaktif lagi memberikan informasi apabila nantinya akan ada pemadaman listrik,” ujarnya.

Pihaknya juga bersedia menandatangani tuntutan seperti yang diinginkan masyarakat.

Hadir dalam mediasi ini Kanit Idik 1 Sat Intelkam Polres Anambas, Aiptu Rio Agusta; Kanit Binmas Polsek Palmatak, Aipda Santun Silitonga; Kanit Provos Polsek Palmatak, Aipda Boni Sibagariang; Kanit Reskrim Polsek Palmatak, Bripka Suharman; Kanit Intel Polsek Palmatak, Bripka Robinhot Sinaga; Banit III Sat Intelkam Polres Anambas, Bripda M. Nur Chalby Tanjung; Banit I Sat Intelkam Polres Anambas, Bripda Barts Daffi dan belasan masyarakat. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...