141 Warga Tewas Saat Jembatan Gantung di India Ambruk

Loading...

Suarasiber.com – Sebuah jembatan gantung di atas sungai Machhu di kota Morbi, di negara bagian Gujarat barat India, runtuh pada hari Ahad (30/10/2022). Jumlah korban tewas disebutkan 141 orang dan diperkirakan akan terus bertambah.

Melansir dari Sky News, Senin (31/10/2022), diduga, jembatan runtuh karena tidak dapat menahan beban massa yang besar. Saat ini adalah musim festival Hindu sehingga ratusan orang menyeberang jembatan menuju objek wisata yang baru dibuka.

Jembatan yang dibangun zaman kolonial Inggris sepanjang 230 meter ini baru dibuka kembali empat hari lalu. Sebelumnya ditutup untuk renovasi selama hampir enam bulan.

Saluran TV lokal, Zee News menayangkan bagaimana orang-orang berpegangan pada kabel jembatan yang ambruk dan sebagian tercebur ke sungai. Regu penyelamat yang datang mencoba untuk menjangkau warga yang bergelantungan atau yang tercebut ke air.

Keterangan dari otoritas setempat, korban sebagian besar adalah penduduk setempat yang mengunjungi jembatan itu untuk tujuan rekreasi.

Perdana Menteri India Narendra Modi, yang berada di Gujarat untuk kunjungan tiga hari, mengarahkan kepala menteri negara bagian untuk segera memobilisasi tim untuk operasi penyelamatan.

Para korban tewas akan mendapatkan dana kompensasi, demikian juga denga korban luka-luka. Ambruknya jembatan gantung ini menimbulkan duka bagi Asia setelah tragedi Kanjuruhan dan insiden Itaewon.

Dilihat suarasiber.com dari channel Youtube Zee News, ribuan warganet masih menyaksikan tayangan upaya pencarian dan penyelamatan korban. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...