Arsitektur Pasar Pon Trenggalek Jatim, Serasa di Inggris

Loading...

Suarasiber.com – Jika kebetulan singgah ke Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, ada yang menyarankan di medsos agar jangan lupa menikmati keindahan Pasar Pon.

Jalan-jalan ke pasar? Mungkin itu yang terbersit dalam benak kita. Namun jangan salah, pasar yang dibangun kembali oleh Kementerian PUPR pascaterbakar ini penampakannya sangat memukau. Bahkan kini dijadikan salah satu ikon wisata setempat.

Foto – instagram @pasarpontrenggalek

Ide bentuk bangunan ini berasal dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Dirinya menyumbangkan ide untuk mengadopsi desain atap arc terbuka Covent Garden Market dan fasad depan Royal Opera House pada pembangunan Pasar Pon Trenggalek.

Covent Garden Market dan Royal Opera House merupakan dua bangunan yang sangat terkenal di London, Inggris.

Foto – instagram @pasarpontrenggalek

Melansir unggahan akun Twitter resmi Kementerian PUPR, Senin (19/9/2022), Pasar Pon Trenggalek ludes terbakar pada 25 Agustus 2018. Kebakarannya cukup hebat sehingga membutuhkan waktu hingga lima jam untuk memedamkan apinya.

Pasar Pon Trenggalek dapat menampung 479 kios dan 319 los. Dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Foto – instagram @pasarpontrenggalek

Dilihat suarasiber.com dari Instagram Pasar Pon Trenggalek, selain sebagai pusat perdagangan juga dijadikan lokasi bersantai oleh masyarakat.

Tak sedikir warga duduk duduk santai di halaman pasar yang dibangun dengan lantai melingkar. Sejumlah warga pun mengunggah foto selfie, seperti yang Anda lihat di foto artikel ini. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...