Kanwil Kemenag Kepri Diusulkan Dapat Predikat Menuju WBK

Loading...

Suarasiber.com – Kanwil Kemenag Kepri diusulkan untuk mendapatkan predikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dengan submit Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI).

Hal ini juga disinggung oleh Kakanwil Kemenag Kepri, Dr H Mahbub Daryanto saat memimpin apel pagi, di halaman Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km 15 Tanjungpinang, Senin (8/8/2022).

“PMPZI menuju WBK sudah memasuki tahap akhir dan akan dilakukan visitasi tim eksternal oleh Kemenpan RB,” ujarnya.

Dari ribuan satker, tinggal 15. “Ini merupakan pekerjaan yang cukup sulit karena hanya tersisa dua kanwil yang diusulkan, yakni DIY dan Kepri,” tambahnya Kakanwil.

Kakanwil menjelaskan Kemenpan RB akan melakukan visitasi dengan mengecek di lapangan bukti pelayanan publik sudah memenuhi unsur suatu satker ditetapkan menjadi WBK.

Menurutnya, wajah Kemenag dicerminkan dari pelayanan sepenuh hati, penuh senyum. Ia mengingatkan agar dokumen untuk penilaian disiapkan sebaik mungkin.

Jika lolos WBK, kata Kakanwil, maka pada tahun berikutnya mempersiapkan diri selama setahun untuk melakukan submit WBBM.

“Hasil yang diraih tidak bisa dibayar dengan apapun, tetapi menjadi kebanggaan dan legacy bahwa kita sudah bekerja dengan baik, tepat sasaran, tepat guna dan masyarakat puas dengan layanan yang diberikan,” ujar Kakanwil.

Usulkan 15 Satker

Melansir halaman resmi Kemeneg, sebelumnya, akhir Juni 2022 lalu Itjen Kemenag selaku Tim Penilai Internal (TPI) mengusulkan 15 Satuan Kerja (Satker) untuk memperoleh predikat WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan melakukan Submit PMPZI tahun 2022.

Sesuai kuota yang diberikan oleh Kemenpan RB telah terseleksi 15 satker.

“Rinciannya 11 satker diusulkan WBK dan 4 untuk memperoleh predikat WBBM,” kata Plh Irjen Kemenag, Kusoy, waktu itu.

Satuan Kerja yang diusulkan untuk memperoleh predikat menuju WBBM yakni Balai Diklat Keagamaan Semarang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Selanjutnya, satker yang diusulkan untuk mendapatkan predikat menuju WBK yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Kanwil Kementerian Agama Provinsi D.I.Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli, Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus, Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, dan Madrasah Aliyah Negeri Karangasem. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...