Pengenalan Basic Microsoft Excel untuk Meningkatkan Pengelolaan Data pada Yayasan Assayidah Asri

Loading...

Pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2022, Mahasiswa/i prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema Teknologi dan Pengetahuan yang berjudul “Pengenalan Basic Microsoft Excel untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengelola Data”.

Tema tersebut diangkat karena di era saat ini teknologi berkembang sangat pesat. Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi pada saat ini juga menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk semua kalangan baik anak-anak hingga kalangan dewasa. Sehingga semua kalangan diharuskan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Manfaat teknologi juga dapat dirasakan dalam dunia pendidikan hingga dunia bisnis/pekerjaan.

Hal inilah yang melatarbelakangi kami Mahasiswa/i Universitas Pamulang melakukan kegiatan P(M)KM.

Kegiatan P(M)KM ini bertempat di Yayasan Assayidah Asri, tepatnya di Jalan Jombang Raya No.7, RT.02/RW.08 Jombang, Kec. Ciputat Rangerang selatan, Banten.

Untuk memaksimalkan kegiatan P(M)KM ini kami membentuk kelompok yang terdiri dari 4 (empat) orang yang diketuai oleh Nurhidayanti serta 3 (tiga) anggota lainnya yaitu Anggita Indah Syafitri, Darmawan, Luis Nazario Kirsten Rambe.

Foto – dok p(m)km

Kegiatan P(M)KM ini diawali dengan pembukaan kemudian diisi dengan sambutan oleh Bapak Andri sugeng, S.E., M.Ak. dan Ustaz Yusri Wahhudin Al-Askandary selaku pengurus Yayasan Assayidah asri.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 15 santri/santriwati Yayasan assayidah asri dengan jenjang usia dan pendidikan yang berbeda-beda.

Kegiatan ini juga didukung dan didampingi langsung oleh dosen pembimbing dan kegiatan ini diawali dengan pembukaan. Kemudian diisi dengan sambutan oleh Bapak Andri Sugeng, S.E., M.Ak. selaku dosen pembimbing dan Ystaz Yusri wahhudin al-askandary selaku pengurus Yayasan Assayidah Asri.

Kegiatan P(M)KM ini diikuti oleh seluruh santri/santriwati yang mana mereka mendengarkan materi mengenai Pengenalan basic microsoft excel di Yayasan Assayidah Asri yang kami sajikan dalam bentuk power point.

Dilanjutkan dengan praktik penggunaan microsoft excel dengan rumus dan pembuatan tabel secara langsung dengan didampingi oleh
mahasiswa/i.

Selama kegiatan ini berlangsung, para santri/santriwati yang hadir terlihat sangat antusias pada saat ditanyakan “apakah sebelumnya sudah pernah mempelajari tentang microsoft excel?”

Mereka dengan kompak menjawab “belum pernah”.

Selaku ketua kelompok P(M)KM, Nurhidayanti menjelaskan bahwa pengenalan microsoft excel ini cukup penting untuk dipelajari. Karena semakin berkembangnya zaman dan besarnya angka perekonomian di Indonesia, maka microsoft excel ini sangat membantu dan memudahkan menghitung dan membaca data numerik tanpa perlu melakukan penghitungan secara manual.

“Oleh karena itu kami memilih untuk memberikan pemahaman tentang seberapa pentingnya penggunaan Microsoft excel kepada santri/santriwati Yayasan assayidah asri agar mereka dapat
mengerti dan memahami akan pentingnya pengolahan data numerik.

Kami selaku mahasiswa/i berharap agar adik-adik kami bisa seperti kami atau lebih baik dari kami,” katanya.

Alhamdulillah kegiatan P(M)KM ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan penyampaian materi juga dapat diterima dengan baik oleh para santri/santriwati Yayasan Assayidah Asri.

Sebelum sesi penutupan, kami mengadakan sesi kuiz yang bertujuan untuk mengingat kembali materi yang telah diberikan. Sesi ini kami sertai dengan pemberian hadiah agar mereka merasa senang dan berantusias dalam menjawabnya.

“Melalui kegiatan P(M)KM ini kami sebagai mahasiswa/i mengharapkan para santri/santriwati dapat memahami materi yang diberikan dan bermanfaat untuk mereka di kehidupan saat ini dan untuk masa depan nanti,” harapan Nurhidayanti.

Penulis: Nurhidayanti(Ketua), Anggita Indah Syafitri, Darmawan Dan Luis Nazario Eka Rambe.

Loading...