Kepri Siap Sambut Era Teknologi Digital 4.0, Pembangunan 35 BTS Dikebut

Loading...

Suarasiber.com – Provinsi Kepri siap menyambut kehadiran zaman teknologi digital 4.0. Daerah yang selama ini tak bisa dijangkau internet satu persatu dibuka lewat bantuan pusat.

Provinsi Kepri mendapatkan alokasi 35 titik pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) di beberapa daerah 3T.

Pembahasan program ini dilakukan Diskomninfo Kepri dan Diskominfo kabupaten dan kota se-Kepri Ruang Kerja Kadis Kominfo Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (27/5/2022).

Hasan merincikan, dari 35 BTS tersebut pembangunnya 5 di Bintan, 17 di Natuna, 12 di Anambas dan 1 di Karimun. Pembangunan BTS berbasis 4G ini diharapkan memberikan akses internet yang memadai kepada masyarakat Kepri.

Selain untuk memperkuat akses telekomunikasi, pembangunan BTS di pulau-pulau ini juga untuk memmperkuat kawasan perbatasan negara dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

“Apalagi situasi laut Natuna saat ini sedang dipolemikkan oleh negara asing,” ujar Hasan.

Secara spesifik, Hasan menjelaskan 7 BTS layanan VSAT di Kabupaten Natuna akan  menggunakan jaringan terrestrial yang aksesnya jauh lebih cepat.

Sementara untuk 35 titik BTS di Kabupaten Kota, pemerintah optimis rampung di akhir Desember 2022 ini.

Kabid Layanan E-Government dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sukandro yang diwakili Sub Koordinator Infrastruktur dan Teknologi Informasi Komunikasi, Deri Noverlian menyampaikan progres pembangunan BTS di Kepulauan Riau.

Pembangunan 35 BTS tadi saat ini masih berjalan. Namun ada 3 yang direlokasi, yakni 1 di Anambas dan 2 di Bintan. Namun sekarang proses hibah lahan sudah usai.

Lalu di Kabupaten Natuna ada 10 BTS yang menggunakan jaringan terrestrial dan 7 BTS masih menggunakan layanan VSAT ditambah 2 Repeater, sementara sisanya sudah mulai tahap pembangunan. (mit/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...