FKUB Lingga Gelar Moderasi Beragama

Loading...

Suarasiber.com – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lingga menyelenggarakan kegiatan moderasi beragama di Hotel One Dabo Singkep, Kamis (19/5/2022).

Ada 30 peserta yang mengikutinya. Terdiri dari camat, lurah, kepala desa dan tokoh agama.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama hingga tercipta kehidupan bermasyarakat yang harmonis.

“Kegiatan ini merupakan program Kementerian Agama yang dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Lingga.

Tujuan dari kegiatan adalah memberikan pemahaman moderasi beragama hingga tercipta masyarakat yang taat beragama, Cinta Indonesia dan menyayangi sesama manusia,” kata Ketua FKUB Kabupaten Lingga, H. Ridwan Mahadun di sela kegiatan.

Dengan moderasi keagamaan diharapkan dapat mempersatukan umat beragama.

Prinsip moderasi beragama adalah sikap atau cara pandang perilaku beragama yang moderat, toleran, menghargai perbedaan, dan selalu mengejawantahkan kemaslahatan bersama.

“Sejauh ini di Kabupaten Lingga toleransi umat beragamanya cukup baik.Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan toleransi beragama tersebut,” terangnya.

Sementara itu Kepala Kamenag Kabupaten Lingga, Muhammad Nasir, mengatakan, kegiatan moderasi keagamaan yang dilakukan sejalan dengan program Kementerian Agama yang menjadikan Tahun 2022 sebagai tahun kerukunan umat beragama.

Diharapkan dengan kegiatan ini tokoh tokoh agama, pemangku kebijakan dan masyarakat Lingga memahami pemahaman moderat dalam menjalankan tugas dan fungsi masing masing,” imbuhnya. (tengku)

Editor Yusfreyendi

Loading...