M Nuur Ingatkan Warga Lingga Jangan Terlena Siapkan Lebaran dan Lupakan 10 Malam Terakhir Ramadan

Loading...

Suarasiber.com – Umat muslim yang menjalankan puasa telah memasuki pengujung bulan. Pada 10 hari terakhir, banyak ditunggu untuk mendapatkan berkah bulan suci.

Pemkab Lingga melalui Kabag Kesra Setda Lingga M Nuur mengingatkan muslim di daerah ini untuk tidak terlena dengan mempersiapkan lebaran namun melupakan ibadah 10 malam terakhir Ramadan.

“Kini umat Islam telah memasuki 10 malam terakhir Ramadhan untuk sampai di hari kemenangan,” ujar M Nuur, Sabtu (23/04/22).

Disampaikan olehnya, keistimewaan 10 hari terakhir di bulan Ramadan bahkan telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Disebutkan dalam hadis HR Muslim, dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada 10 hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut.

Kesungguhan Rasulullah di 10 malam terakhir di bulan Ramadan ini didasari beberapa faktor. Pertama, sepuluh hari terakhir merupakan penutup bulan Ramadan yang penuh berkah. Dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya.

Kedua, 10 malam terakhir adalah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.

Ketiga, kerinduan akan keindahan lailatul qadar atau malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan.

Keempat, beliau memberikan contoh kepada umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.

“Marilah kita mengikuti dan mencontohkan perbuatan Rasulullah Saw di 10 malam terakhir Ramadan,” imbuh M Nuur, melansir dari laman linggakab.go.id, Senin (25/4/2022).

Bentuknya, kata dia, bisa dengan mengisi itikaf, salat lail, membaca Al Qur’an serta berzikir. (tengku)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...