Juni Dermaga Pelabuhan Dabo Akan Difungsikan Kembali

Loading...

Suarasiber.com – Setelah empat tahun tidak berfungsi akhirnya ujung dermaga Pelabuhan Dabo dapat dipergunakan kembali.

Rusaknya Pelabuhan Dabo terjadi karena tertabrak tongkang dari Kapal Tug Boat Carrier saat sandar di pelabuhan tersebut karena kuatnya ombak, Agustus 2019, lalu.

Namun, pihak pemilik tug boat baru merampungkan pekerjaannya saat ini.

“Kejadian itu berlangsung saat saya belum bertugas di sini. Tug boat carrier tersebut sempat ditahan sebagai jaminan pemilik tugboat akan bertanggung jawab memperbaiki kerusakan. Namin saat ini pekerjaan perbaikan telah selesai, dijadwalkan Bulan Juni ini sudah dipergunakan kembali,” kata
Kepala Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan (UPP) Kelas III Dabo Singkep, Muzahir kepada suarasiber.com, Rabu (2/3/2022).

Muzahir tidak mengetahui pasti peristiwa tertabraknya dermaga Pelabuhan Dabo oleh tug boat Sea Carrier.

Namun laporan yang diterimanya dari staf kantor menyebutkan kejadian tersebut terjadi akibat angin dan gelombang kuat.

Pihak UPP Kelas III Dabo Singkeo terpaksa menahan tugaboat setelah kejadian sebagai jaminan agar pemiki tugboat bertanggung jawab untuk memperbaiki.

“Saat ini tugboat susah dikembalikan kepada pemiliknya. Perbaikan sudah clear, tinggal menunggu pengeringan semen dari beton,” sebutnya.

Dengan beroperasinya dermaga pelabuhan terseut diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan keluar masuknya kapal di Pelabuhan Dabo Singkep.

“Saat ini Pelabuban Dano hanya disinggahi kapal kapal barang. Tugas kami menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran kapal berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku,” imbuhnya. (tengku).

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...