Pemilu Serentak 2024 Dilaksanakan 14 Februari

Loading...

Suarasiber.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan hari pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2024 di tanggal 14 Februari 2024.

Peluncuran dilakukan oleh Ketua KPU Ilham Saputra dari halaman Gedung KPU, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Sementara kepala daerah, KPU dan Bawaslu serta Forkopimda mengukutinya melalui virtual dari daerahnya masing-masing.

Ilham Saputra berharap peluncuran hari pemungutan suara ini memberikan informasi kepada masyarakat sehingga sadar dan berpartisipasi penuh terhadap pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

KPU RI dan daerah seluruh Indonesia tengah berusaha mempersiapkan dengan matang persiapan Pemilu Serentak tahun 2024 seperti regulasi dan infrastruktur dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

“Tentu kamu tidak akan bisa menyelenggarakan tanpa dukungan dari pemerintah, DPR, para parpol dan stakeholder pemilu lainnya. Biar bagaimana KPU tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” ujar Ilham.

Seremoni peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak ditandai dengan pencoblosan surat suara oleh para pimpinan KPU RI. Dalam acara tersebut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate, dan perwakilan instansi pusat dan perwakilan parpol lainnya.

Dari Kepri, kegiatan tersebut diikuti oleh Pj Sekda Kepri Eko Sumbaryadi mewakili Gubernur Ansar Ahmad. Juga Ketua KPU Kepri Sriwati, Ketua Bawaslu Kepri Muhammad Sjahri Papene dan unsur Forkompimda.

Penetapan hari pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2024 sendiri telah ditetapkan melalui Keputusan KPU RI nomor 21 tahun 2022. Pemilu serentak tahun 2024 tidak hanya akan menjadi pesta demokrasi memilih presiden dan wakil presiden.

Namun juga untuk pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat, anggota dewan perwakilan daerah, dewan perwakilan rakyat daerah provinsi dan dewan perwakilan rakyat rakyat kabupaten/kota. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...