Sosialisasi Pemilu, KPU Tanjungpinang Perkuat Kerja Sama dengan Pers

Loading...

Suarasiber.com – KPU Tanjungpinang memperkuat kerja sama dengan pers untuk menyosialisasikan berbagai programnya demi menyukseskan Pemilu ke depan.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution saat berbincang dengan Pengurus PWI Tanjungpinang di Kedai Kopi Pantai, Jumat (14/1/2022) pagi.

Sama-sama bersifat independen, KPU dan pers diharapkan bisa membangun komunikasi yang lebih intens. Namun ia belum bisa memastikan kapan tahapan Pemilu selanjutnya dilaksanakan.

Memang, KPU RI mengusulkan proses tahapan Pemilu dilaksanakan dalam 25 bulan.

“Bila itu disetujui maka tahapan bisa dimulai Januari ini. Karena tanggal Pemilu belum ditetapkan, kami belum bisa menyampaikannya secara rinci,” jelas Aswin.

Jika media dibutuhkan untuk menyosialisasikan Pemilu, kerja sama dengan pihak lain juga tidak bisa ditinggalkan. Seperti menggandeng lembaga pengamanan Pemilu yang terlibat langsung maupun tidak langsung, partisipasi masyarakat serta berbagai organisasi yang ada. Agar Pemilu sukes.

Sementara Komisioner KPU Bidang Hukum dan Pengawasan, Andri Yudi mengatakan kerja sama dengan media sudah berjalan. Hanya akan ditingkatkan ke depan.

kpu ngopi bareng pwi soal sosialisasi 2
Perbincangan dilaksanakan dalam suasana santai dengan diskusi dua arah. Foto – humas pwi tanjungpinang

“Sosialisasi Pemilu butuh peran serta teman-teman media. Selama ini kami mencoba memanfaatkan web internal dan media sosial lainnya, namun belum maksimal karena tidak semua warga membukanya,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Komisioner Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Yusuf. Ia menyebut sosialisasi pendidikan pemilih terus dilakukan. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga kalangan umum.

Dalam bincang santai ini, hadir juga Sekretaris KPU Tanjungpinang, Abdul Basyid dan dua anggota KPU lainnya, Hj Susanty dan Hafidz Diwa Prayoga.

Ketua KPU Tanjungpinang, Amril menegaskan ia dan teman-temannya siap mendukung program KPU demi suksesnya Pemilu.

“Semakin luas sosialisasi diterima masyarakat, semakin banyak masyarakat menggunakan hak pilihnya,” kata Amril.

Kepada KPU, ia berpesan agar KPU bisa membuka informasi sesuai kebutuhan penulisan berita.

“Berikan keterangan apabila ada teman-teman media yang mengonfirmasi sebuah informasi kepada KPU,” pinta Amril yang didampingi Ketua Bidang Organisasi dan Lembaga PWI Tanjungpinang, Era dan Ketua Bidang Olahraga Abbas dan anggota lainnya.

Sedangkan kepada media yang meminta keterangan, diharapkan melakukannya dengan mengedepankan kode etik, tetap sopan serta santun. (zainal)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...