SiJempol dari Kepri Menang, Ansar: yang Beginian Harus Jadi Motivasi untuk Berinovasi

Loading...

Suarasiber.com – Aplikasi SiJempol dari Kepri menjadi top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2021.

Atas prestasi itu, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menerima penghargaan dari Menpan RB Tjahjo Kumolo secara virtual dari Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (9/11/2021).

“Ini merupakan apresiasi untuk kita, dan yang beginiian harus jadi motivasi untuk berbuat lebih banyak, berinovasi lebih baik,” ujar Gubernur.

Berhasilnya SiJempol menjadi pemenang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) membuat Gubernur terus mendorong OPD lain di Pemprov Kepri untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pemberian penghargaan tahun 2021 dilakukan secara virtual.

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id.

Jumlah inovasi yang didaftarkan pada KIPP semakin bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2014, sebanyak 515 inovasi terdaftar di KIPP, sedangkan pada tahun 2021 jumlah ini meningkat menjadi 3.178 inovasi.

Pelaksanaan KIPP yang dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan oleh Kementerian PANRB diharapkan menumbuhkan budaya inovasi pelayanan di lingkup kementerian, lembaga dan pemerintah daerah termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

SiJempol merupakan inovasi berbentuk aplikasi yang digagas oleh Dinas PMPTSP untuk memberikan kemudahan masyarakat melakukan perizinan.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan, Joni Hendra, mengatakan, dengan adanya SiJempol maka masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor unun mengurus berbagai perizinan. (man)

Loading...