Hore… WNI yang Sudah Vaksin Bisa Jalan-jalan ke Singapura Lagi (Mulai 29 November)

Loading...

Suarasiber.com – Setelah terputus sekitar 2 tahun akibat pandemi Covid-19, warga Indonesia bisa berkunjung lagi ke Singapura mulai akhir bulan ini (29 November 2021).

Setelah pemerintah Singapura melalui Kementerian Kesehatan secara mendadak mengumumkan dibukanya Vaccinated Travel Line (VTL), untuk warga Indonesia dan India, Senin (15/11/2021).

Dan dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mulai 6 Desember 2021. Seperti diberitakan www.channelnewsasia.com.

VTL berarti perjalanan bagi yang sudah vaksinasi full (2 kali) dan tak perlu menjalani karantina lagi di negara tujuan (Singapura).

“Benar. Singapura mendadak mengumumkan membuka VTL dengan Indonesia secara sepihak mulai tanggal 29 November 2021.

Untuk berkunjung ke Singapura, kita harus mengajulan permohonan unguk short term visit pass (semacam permit) secara online seminggu sebelumnya (22/11/2021).

Buat sementara sementara hanya Singapore ke Jakarta, sehari 2 penerbangan,” kata Rudi Chua, anggota DPRD Provinsi Kepri menjawab Suarasiber.com, Senin (15/11/2021).

Informasi tersebut mengejutkan karena VTL baru dijadwalkan akan dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong akhir tahun ini di Lagoi, Bintan. Seperti diberitakan suarasiber.com, Minggu (14/11/2021).

Menurut Rudi Chua, diskresi dari Kemenkes Singapura yang mendahului pembicaraan Jokowi dan Lee Hsien Loong, disebutnya sebagai good will (niat baik) dari Singapura.

Diskresi yang membuat WNI (yang sudah 2 kali vaksin) bisa berkujung ke Singapura. Dan, tanpa harus menjalani karantina lagi.

“Kemungkinan (tanpa karantina). Detailnya masih akan menyusul,” jawab Rudi.

Ada dampak luas selain pariwisata, imbuh Rudi Chua, dengan dibukanya VTL ke Singapura ini.

“Silaturahmi yang terputus hampir 2 bulan ini bisa terjalin lagi. Khususnya bagi warga Kepri yang punya banyak kerabat di Singapura dan sebaliknya.

Di samping itu, bagi warga Indonesia juga Kepri yang selama ini tak bisa berobat atau perawatan kesehatan ke Singapura, kini bisa lagi,” sebut Rudi Chua.

Diskresi VTL dari Singapura untuk Indonesia membuat Rudi optimis, iklim pariwisata Kepri tahun depan akan lebih baik lagi. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...