Diguyur Hujan, Akses Jalan Menuju Tanjungbungsu, Lingga, Longsor

Loading...

Suarasiber.com – Hujan yang mengguyur wilayah Tanjungbungsu beberapa hari lalu mengakibatkan longsor.

Jalan yang longsor terjadi di ruas menuju Tanjungbungsu, yang belakangan dibenarkan oleh Dinas PUTR Kabupten Lingga.

“Benar, longsor karena terjadinya curah hujan yang cukup tinggi pada Jumat sore,” jelas Kadis PUTR melalui Jeki, Kabid Bina Marga PUTR Lingga. (25/10/2021)

Jeli menambahkan, longsor menimpa badan jalan yang tengah dikerjakan. Namun demikian ia menegaskan bagian yang mengalami kerusakan itu bukan merupakan item utama pada pekerjaan jalan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus.

DAK ini dikerjakan PT. Mega Cipta Abadi dengan kontrak senilai Rp 3,8 miliar.

Menurut Jeki, titik kerusakan memang rawan terjadinya longsor. Pihaknya belum sempat memasang pengaman bahu (batu miring/ beronjong).

Alasannya anggaran yang disiapkan pada tahap pertama melalui DAK ini tidak cukup untuk item pemasangan struktur tersebut. Terlebih titik longsor tersebut merupakan bekas gorong-gorong lama.

Namun itu sudah masuk dalam target rencana kerja dinas PUTR pada tahap ke dua (2) nantinya. Untuk sementara pihaknya berharap, dengan adanya kejadian ini tidak menjadi hambatan bagi lalu lintas pada ruas jalan tersebut.

“Kami sudah menghubungi pihak PT. Mega Cipta Abadi untuk membantu pengerjaan penanganan longsor ini. Alhamdulillah pihak perusahaan bersedia membantunya,” tambahnya.

Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Paweloy sudah meninjau lokasi. Ia menginstruksikan kepada dinas terkait untuk memastikan bahwa tidak ada hambatan lalu lintas yang terjadi di lokasi tersebut. (man)

Loading...