free page hit counter

Dahsyat… RI Ekspor Hasil Pertanian dari 16 Pintu Serentak, Nilainya Rp7,29 Triliun

Loading...
Banner Media Online Merah Gub Wagub

Suarasiber.com – Pandemi ternyata tidak mematikan dunia pertanian tanah air. Terbukti RI mampu mengekspor hasil pertanian serentak dari 16 pintu ekspor se-Indonesia.

Dibaca suarasiber.com dari @jokowi, Sabtu (14/8/2021) nilai ekspor ini mencapai Rp7,29 triliun. Dilakukan melalui bandar udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah di Indonesia.

Wujudnya berupa 627,4 ton komoditas perkebunan, tanaman pangan, hortikultura, peternakan, dan komoditas lain.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat bersyukur bahwa sektor pertanian mampu bertahan, bahkan nilai ekspor pertanian dua tahun terakhir meningkat.

Ekspor pertanian pada tahun 2020 mencapai Rp451,8 triliun, naik 15,79 persen dibandingkan tahun 2019 yang angkanya mencapai Rp390,16 triliun.

Lalu, pada semester pertama tahun ini (Januari-Juni 2021) ekspor mencapai Rp282,86 triliun, naik 14,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Banner-Media-Online-FKPD-Merah

Peningkatan ekspor komoditas pertanian ini akan berdampak pada kesejahteraan petani.

Pelepasan ekspor dilakukan Presiden Jokowi secara virtual di Istana Bogor, dengan tujuan 16 negara tujuan.

Diantaranya Tiongkok, Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Inggris, Jerman, Rusia, Uni Emirat Arab dan Pakistan.

“Acara ini sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi,” tegas Presiden. (man)

Loading...