Duel Belanda Vs Republik Ceko Euro 2020 Nanti Malam: Oranje Terancam Gugur

Loading...

Suarasiber.com – Belanda yang berambisi menjuarai Euro 2020 akan berhadapan dengan lawan tangguh Republik Ceko, Minggu (27/6/2021) pukul 23.00 WIB.

Ceko yang bermain dengan semangat khas Eropa Timur, sangat sulit dikalahkan oleh Belanda yang berjuluk Oranje.

Terbukti dari rekor pertemuan antara kedua tim itu. Keduanya sudah pernah bertemu 5 kali. Ceko menang 3 kali dan Belanda menang 2 kali.

Dua duel terakhir juga dimenangkan Ceko dengan skor tipis 3-2 di tahun 2015. Dan, menang 2-1 tahun 2014.

Sebelumnya Ceko menang 3-2 tahun 2004. Sebaliknya, Belanda menang 2-0 di 2004 dan menang 2-0 tahun 2005.

Sadar dengan fakta itu pelatih Belanda, Frank de Boer diprediksi akan memperkuat pertahanannya. Dan, menggunakan formasi 3-4-1-2.

Sedangkan Ceko diprediksi akan memperkuat barisan gelandangnya dengan pola 4-2-3-1. Untuk mensuplai bola ke ujung tombaknya, Patrick Schick, yang bermain di Bayer Leverkusen, Jerman.

Belanda maju sebagai juara grup dan memenangi semua laga di penyisihan grup. Namun, Belanda sempat kesulitan saat berhadapan dengan tim dari Eropa Timur, Ukraina.

Belanda harus menunggu hingga menit ke-85, melalui kaki Dumfries sebelum menang tipis 3-2.

Kini, anak asuh Frank de Boer kembali berhadapan dengan tim Eropa Timur lainnya, Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020.

Ceko lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga grup. Walaupun hanya peringkat tiga tapi Ceko bermain baik dan hanya kalah tipis 0-1 dari Inggris.

Selain itu, Ceko juga punya ujung tombak tajam Schick, yang sudah mencetak 3 gol. Sama dengan jumlah gol gelandang Belanda, Wijnaldum.

Laga Belanda vs Republik Ceko sekaligus jadi ajang duel dua top skor Euro 2020. Schick disokong kuat oleh para gelandang tangguh Ceko. Seperti, Darida, Soucek Masopust dan pemain lainnya.

Sebaliknya, Wijnaldum juga dikelilingi para pemain hebat di Belanda, seperti De Jong, Depay dan lainnya. Duel yang sangat menarik bakal terjadi di laga ini nanti malam.

Berikut data dan fakta dari Belanda dan Republik Ceko:

  1. Laga ini adalah pertemuan pertama antara Belanda dan Republik Ceko sejak Oktober
    2015, ketika Belanda dikalahkan 3-2 di kualifikasi EURO 2016. Belanda selalu kalah dari Ceko di dua pertemuan terakhir mereka.
  2. Republik Ceko dan Belanda akan saling berhadapan di Kejuaraan Eropa untuk ketiga kalinya. Dua laga sebelumnya itu berakhir sama kuat, keduanya saling mengalahkan. Ceko memenangi laga terakhir keduanya di Euro 2004 dengan skor 3-2. Gol penentu kemenangan Ceko dicetak Vladimir Smicer menit 88.
  3. Jadi juara Euro 1988, Belanda cuma dua kali lolos dari tujuh laga di babak knock out. Keduanya terjadi tahun 2000 saat mengalahkan Yugoslavia 6-1 dan menang penalti 5-4 atas Swedia tahun 2004.

4 Republik Ceko telah tersingkir dalam tiga dari empat pertandingan terakhir mereka di babak knock out. (mat)

Loading...