free page hit counter

KRI Nanggala-402 Hilang Kontak Usai Diizinkan Menyelam di Bali

Loading...

Suarasiber.com – Kapal selam TNI KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali usai mendapatkan izin untuk menyelam, Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WIB.

Kapal meminta izin menyelam untuk melaksanakan penembakan torpedo SUT, demikian disampaikan Biro Humas Kementerian Pertahanan, seperti dilansir dari detik.com.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menuturkan KRI Nanggala-402 hilang kontak sekitar pukul 04.30 WIB. Sampai saat ini pencarian masih dilakukan.

“Terakhir komunikasi ketika 04.30 mau laksanakan penembakan sudah tidak ada komunikasi,” kata Marsekal Hadi kepada detikcom, Rabu (21/4/2021).

TNI menggandeng Australia, Singapura, dan Malaysia dalam proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali. Bantuan dari negara tetangga ini diperkirakan paling cepat tiba pada Sabtu, 23 April 2021.

Proses pencarian juga melibatkan beberapa KRI hingga Basarnas. Terakhir, posisi KRI Nanggala-402 sudah diketahui, yakni berada di perairan sisi utara Bali.

KRI Raden Eddy Martadinata (331) dilaporkan sempat mendeteksi pergerakan di bawah air 2,5 knot. Namun kontak tersebut segera hilang sehingga belum bisa disimpulkan sebagai kapal selam KRI Nanggala-402.

“Selanjutnya dari temuan tersebut juga ada laporan di samping temuan minyak KRI REM 331 melaporkan telah terdeteksi pergerakan di bawah air dengan kecepatan 2,5 knot kontak tersebut kemudian hilang sehingga masih tidak cukup untuk mengidentifikasi kontak dimaksud sebagai kapal selam,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad dalam jumpa pers di Lanud Ngurah Rai, Bali, Kamis (22/4/2021).

Achmad Riad juga meluruskan informasi terkait sejumlah berita yang menyebutkan KRI Nanggala-402 sudah ditemukan. Dia menegaskan kabar tersebut tak bisa jadi rujukan.

Sementara itu Instagram Kementerian Pertahanan RI dijadikan tempat beberapa warga untuk mendoakan keselamatan KRI Nanggala.

Seorang warganet menuliskan: semoga segera ada titik terang keberadaan KRI nanggala 402 yg hilang kontak di perairan bali,, semoga semua awak diberikan keselamatan. (man)

Loading...