Bahlil Lahadalia, Mantan Sopir Angkot Calon Kuat Menteri Investasi

Loading...

Suarasiber.com – Kabat reshuffle kabinet sudah terdengar. Setidaknya ada kementerian yang digabungkan dan ada juga kementerian baru.

Kementarian yang disatukan ialah Ristek dan Dikbud, sementara kementerian yang dibentuk ialah Kementerian Investasi.

Salah satu nama yang digadang-gadang bakal mengisi kursi sebagai Menteri Investasi ialah Bahlil Lahadalia.

Saat ini Bahlil menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selama bertugas, Bahlil berhubungan dengan dunia investasi.

Sementara tugas pokok BKPM adalah melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu siapakah Bahlil Lahadalia?

Seperti pernah dimuat suarasiber.com saat ia diangkat sebagai Kaepala BKPM, berikut ini perjalanan Bahlil Lahadalia mencapai sukes.

Kemiskinan yang mendera sejak kecil, justru membuat bocah kelahiran tanggal 7 Agustus 1976 di Banda, Maluku, jadi lelaki tangguh. Segala pekerjaan kasar asal halal dia lakukan sejak sekolah dasar.

Mengantarkan kue buatan ibunya ke kedai sudah dijalani sejak belia. Jadi kernet angkutan umum saat SMP, dan jadi sopir pun dijalani saat sekolah setingkat SMA.

Sembari merangkap menjadi kuli pengangkat barang di pasar. Sekaligus sambil berjualan koran. Semua itu harus dijalani dengan ikhlas.

Maklum, ayahnya hanya kuli bangunan yang pendapatannya tak menentu. Sehingga, ibunya pun ikut menjadi tukang cuci pakaian di sekitar kediamannya.

Sejumlah profesi pernah dilakon, mulai dari tukang kue semasa kecil, seorang kondektur, hingga menjadi sopir angkot pun dia jalani. Dengan kerja keras itulah dia menjadi orang besar yang tadinya bukan siapa-siapa.

Pada 23 Oktober 2019 silam, ia diangkat Presiden Jokowi sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) 2019 – 2024.

Jabatan tinggi setingkat menteri, yang barangkali tidak pernah diimpikannya saat masih kecil. Barangkali juga para tetangganya dulu tak akan percaya, anak miskin itu bisa jadi pejabat penting di republik ini.

Sejak namanya mencuat, orang pun penasaran dan mencari tahu siapa sosok Bahlil Lahadalia ini. Dari berbagai sumber warga menggali sebanyak-banyaknya segala informasi tentang Bahlil.

Lalu muncullah banyak artikel yang mengupas tentang perjuangan seorang Bahlil. Adalah biasa anak orang kaya menjadi kaya. Juga hal yang biasa, jika anak politikus kaya menjadi politikus yang kaya raya.

Tapi… Ini, anak kuli bangunan, dan buruh cuci pakaian.

Anak miskin yang untuk makan saja kesusahan. Sehingga, agar bisa sekolah dia harus ikut bekerja sejak belia.

Bahlil memang tidak sendirian. Ada sejumlah orang sukses yang masa lalunya juga serba kekurangan.

Namun, kisah perjuangan hidupnya yang gigih, ulet, dan selalu bekerja keras, tetaplah bisa diteladani.

Sekaligus jadi motivasi bagi siapapun yang berkekurangan. Agar, jangan pernah mengeluh apalagi menyerah.

Berusaha sekuat mungkin sambil terus berdoa, seperti yang dilakukan Bahlil. (man/mat)

Loading...