free page hit counter

Micin Bisa Menyuburkan Tanaman, Mitos atau Fakta?

Loading...

Suarasiber.com – Micin dengan banyak nama dagang dikenal luas sebagai bahan penyedap rasa masakan. Namun, belakangan muncul kegunaan lain dari micin, yaitu penyubur tanaman.

Benarkan micin juga berguna sebagai penyubur tanaman? Apakah hanya mitos, sugesti atau memang fakta?

Setelah membaca cukup banyak artikel dan sekaligus menyaksikan beberapa tayangan video yang diunggah di Youtube, ternyata memang benar micin bisa menyuburkan tanaman.

Karena micin mengandung sejumlah unsur, antara lain Fe, S, Ca, Mo, Mg, C, Ha, Na, N, K, dan P. Selain unsur utamanya yaitu monosodium glutamat (MSG), yang membantu menyedapkan rasa tanaman.

Muncul pertanyaan, tanaman apa yang bisa disuburkan dengan micin? Apakah cukup hanya micin saja untuk menyuburkan tanaman itu?

Jawaban yang diberitakan dari sejumlah artikel dan beberapa video Youtube itu, umumnya seragam. Bahwa, tanaman yang bisa disuburkan dengan micin adalah tanaman kecil.

Antara lain bunga-bungaan di dalam pot, cabai, tomat, terung dan sejenisnya. Sedangkan untuk tanaman tahunan seperti mangga, durian,.alpukat tidak disarankan.

Selain itu, disampaikan juga bahwa micin hanya untuk membantu menambah kesuburan tanaman. Karena, kecilnya unsur hara mikro yang terkandung di micin.

Setiap tanaman memerlukan unsur hara makro dan mikro. Yang diperoleh tanaman dari alam di samping melalui pemberian pupuk kotoran hewan, kompos atau pupuk kimia lainnya.

Bagi yang ingin mencobanya sebaiknya lebih dulu mengetahui usia tanaman, untuk mengukur dosis pemberian micin.

Ada beberapa macam versi dosis pemberian micin ke tanaman dari sejumlah artikel dan tayangan di Youtube.

Agar tidak salah paham, sebaiknya Anda membaca sendiri artikel terkait dan menonton video Youtube, terkait micin untuk penyubur tanaman.

Namun, untuk cara pemberian micin terdapat kesamaan di banyak artikel dan tayangan video-video tersebut.

Bahwa, ada dua aplikasi pemberiannya, yakni dikocorkan dan disemprotkan ke dahan serta daun. Tidak disarankan untuk menabur micin di tanaman.

Bisa disimpulkan bahwa pemberian micin untuk membantu menyuburkan tanaman, adalah fakta. Bukan mitos. Namun, untuk pengaplikasiannya harus dipelajari lebih mendalam. (mat)

Loading...