Dewan Nasional KEK Tinjau Potensi Perikanan dan Pariwisata di Natuna

Loading...

Suarasiber.com – Dewan Nasional KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) datang ke Kabupaten Natuna untuk identifikasi lokasi, potensi dan peluang pengembangan Kawasan Natuna, Selasa (9/3/2021).

Jika membaca surat dari Gubernur Kepulauan Riau Desember 2020 lalu, peninjauan lapangan ini untuk memetakan potensi daerah. Selebihnya akan dilakukan upaya mempercepat arus investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah bersangkutan.

Natuna didatangi karena posisinya yang strategis dalam simpul transportasi laut internasional karena terbentang dari Selat Malaka sampai dengan Laut Natuna Utara.

Natuna merupakan beranda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat mudah diakses. namun di satu sisi rentan dipengaruhi oleh negara-negara tetangga dari aspek ekonomi, sosial maupun pertahanan dan keamanan.

Saat peninjauan, Dewan Nasional KEK didampingi pejabat Pemkab Natuna. Secara lengkap, tim ini mengumpulkan data primer kajian peluang pengembangan kawasan Natuna mulai dari Wilayah yang berpotensi, Sektor Perikanan, Sektor Pariwisata, Sektor Utilitas – Penyediaan Air Bersih dan Listrik, hingga Aksesibilitas.

Hasil dari tinjauan lapangan tersebut akan dijadikan bahan untuk FGD (Focus Group Discussion) atau diskusi lebih lanjut tentang peluang Wilayah Natuna menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. (said)

Loading...