Pelabuhan Pelni Diminta Pindah, dari Batuampar ke Pelsus Bintang 99

Loading...

Suarasiber.com – Setelah sekian lama sandar kapal Pelni di Pelabuhan Batuampar, dalam waktu dekat diminta untuk pindah ke Pelabuhan Khusus (Pelsus) Bintan 99.

Anggota Komisi V DPR RI dari Dapil Kepri, Cen Sui Lan (CSL) melakukan reses dan peninjauan pelabuhan kontainer Batuampar, Jumat (19/2/2021). Ia mendapatkan aspirasi dari para stokeholer Pelabuhan Batam yang dikoordinir Taba Iskandar dan Daniel Burhanuddin.

Pada peninjauan ini, CSL didampingi Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Herwanto. Juga ada perwakilan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Kurnia, tenaga ahli Victor Angsono, drh Agustar dan Teddy Martus.

CSL yang juga didampingi suaminya, Raja Mustakim mengatakan kunjungan resesnya ini sebagai kelanjutan rapat kerja Komisi V DPR RI dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Laut, Agus H Purnomo.

Disampaikan olehnya, dipindahkannya Pelabuhan Pelni dari Batuampar karena di masa Menhub Ignasius Jonan, Pelabuhan Pelni Sekupang terjadi kedaruratan.

“Tetapi kok daruratnya bertahun-tahun. Pindahkan segera ke terminal atau pelabuhan khusus Bintang 99,” kata CSL.

Pelabuhan khusus Bintang 99 ini lokasinya sebelah selatan Pelabuhan Batuampar. Selain meninjau Pelabuhan Batuampar, CSL juga mengunjungi lokasi Pelsus Bintang 99.

Setelah melakukan peninjauan dan minta keterangan, CSL menilai pelabuhan ini sudah siap digunakan dan tinggal perintah dari Dirjen Hubla.

“Saya akan bicarakan ini segera dengan Pak Dirjen Hubla. Supaya segera dipindahkan ke Pelsus Bintang 99 ini,” ujar Cen Sui Lan kepada Direksi Bintang 99.

Terkait pemindahan dan penyesuaian tarif, CSL mengatakan saat ini BUP BP Batam sedang menyiapkan pengembangan infrastrukturnya. Pembangunan ini menelan biaya Rp100 miliar. (mat)

Loading...